SOSOK KETUA RANTING ALKHAIRAAT HI IKRAM AL AMARI MEMBANGUN SEKOLAH DARI BERDINDING PAPAN HINGGA BERKONTRUKSI BETON

Ketua Ranting Alkhairaat Falajawa 2 Hi Ikram Al Amarii

Ternate, (MR) – ” Jika melaksanakan suatu pekerjaan dilandasi oleh niat baik dan dibarengi dengan keikhlasan maka insyaAllah akan dibukakan pintu rezekinya untuk itu ” . Sepenggal kalimat tersebut terlontar dari ucapan Hi Ikram Al amarii yang juga ketua Ranting Alkhairaat Falajawa 2 Ternate .

Kiprah dan andil dari lelaki 72 tahun ini dalam membangun pendedikan di lingkup Ranting Alkhairaat patut diancungi jempol .

Disambangi awak mediarakyatnews. Com Hi . Ikram mencoba menguak kembali rekam jejak historis saat pindah dari Falajawa Satu ke Falajawa Dua . Ceritanya Ia memulai dengan menggagas ide penataan dan pembangunan infrastruktur kampung .

” Tahun 1974 Saya mulai berdomisili di Falajawa Dua , Rumah penduduk di sini saat itu baru berjumlah tiga rumah . Saya memulai debut kepeduliaan sosial dengan melobi Pemprov Maluku di Ambon . Kala itu Gubernurnya Pak Akib Latuconsina . Alhamdulillah kami diberikan bantuan berupa bahan material untuk pengerjaan saluran air kurang lebih tiga ratus meter . Tidak hanya itu Saya juga mulai terpikir untuk bisa mempersiapkan dan menyediakan lokasi mesjid dan sekolah yang representatif . Tentunya sekolah yang berbasis Islam , ini lantaran khusus di wilayah selatan ( Bastiong , Kayumerah , Ubo Ubo dan Kalumata ) belum ada lembaga pendedikan Islam . Dengan realita sosial masyrakat ini pulalah selanjutnya Saya terinspirasi bersama kolega terdekat Saya almarhum Ye Mat untuk mendirikan Diniyah Awwaliyah dan TK Alkhairaat Falajawa 2 Ternate ” Tutur Hi . Ikram mengisahkan .

Membangun sebuah lembaga pendedikan yang dimotori oleh Ranting sesungguhnya bukan perkara gampang , tidak semudah seperti membalik telapak tangan . Selain membutuhkan biaya yang cukup besar , Ranting juga harus punya kemampuan lobi sekaligus piawai membangun sosial networking yang handal . Tapi menurut Hi.Ikram , Ranting Alkhairaat itu bersifat otonom artinya semua budget program termasuk program pendedikan ( pendirian lembaga pendedikan ) itu menjadi tanggungan Ranting .

Sosok ini mampu mempengaruhi sanak keluarganya termasuk sahabat dan kolega seperjuangan . Konon Mereka ini memiliki job posision yang agak menterang juga dengan background sosial adalah abnaulkhairaat ( mengenyam pendedikan di Alkhairaat dan punya kepeduliaan pada Alkhairaaat ) .

Perlahan tapi pasti , step by step progressnya pembangunan Diniyah Awwaliyah dan Tk dari tahun 1980 yang berdinding papam akhirnya seiring dengan perjalanan waktu ada perubahan yang signifikan . Kerja untuk kemaslahatan umat akhirnya berbuah gemilang . Sekarang yang nampak adalah gedung sekolah berkontruksi 2 lantai berdampingan dengan mesjid Al Amin .

Tidak sampai disitu , ceritanya tiga tahun kemarin saat pelepasan siswa Tk dan Diniah , Hi. Ikram sempat menyerap keluhan masyrakat soal perlu ada SD yang bernaun dibawah Alkhairaat . Ini lantaran daya tampung lembaga pendedikan dasar di beberapa kelurahan terdekat udah terbatas .

Keluhan itu akhirnya menginspirasi mantan pekerja agen kapal dan pemilik home industri Tiga Serangkai merintis berdirinya SD Alkhairaat 05 . Pembangunan gedung SD ini tidak terlepas dari sentuhan amal jariyah terutama mantan walikota Ternate almarhum Hi. Bur yang secara pribadi turut membantu , termasuk ibu ibu Falajawsa Dua termasuk pula Walikota Ternate DR Tauhid Soleman yang hadir dalam agenda peresmiaan juga Lurah Bastiong Karance .

Dalam perspektif Hi.Ikram lembaga pendedikan Islam Alkhairaat tidak sebatas menciptakan generasi Islam ke depan untuk menjadi ustad dan ustazah . Misi pendedikan Alkhairaat adalah menciptakan intelektual muslim yang berahlak muliah , cerdas , terampil , kreatif , disiplin dan memiliki komitmen keislaman , kebangsaan dan cinta NKRI. (KOKO ATENG MRC)

 528 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.