MENGENAL SOSOK MUHAMMAD GOROTOMOLE ,PENGUSAHA MUDA DARI KOTA TIDORE KEPULAUAN

MENGENAL SOSOK MUHAMMAD GOROTOMOLE ,PENGUSAHA MUDA DARI KOTA TIDORE KEPULAUAN

Merintis usaha dari nol ,berbekal kerja keras ,ulet dan sabar adalah modal menuju sukses . Kalimat tersebut yang sempat terlontar dari sosok parubaya pemilik nama lengkap MUHAMAD GOROTOMOLE yang kesehariannya dikenal masyrakat Tidore sebagai sosok pengusaha muda ,saat mengawali bincang bincang dengan mediarakyat news com .

Tahun 1999 pasca krisis moneter melanda negeri ini ,Ko Hama sedemikian Ia disapa saat itu cuman berbekal uang Rp 750. 000. Uang sejumlah itu tapi Ko Hama sedemikian terobsesi membangun usaha. ” Sedari awal saya cuman berdagang kecil kecilan,membeli hasil bumi kemudian saya berusaha membangun kepercayaan meyakinkan salah satu pengusaha Cina yang ada di Ternate. Alhamdulillah kita bersepakat sebagai mitra bisnis. Syaratnya harus terjaga kepercayaan ” .ungkapnya .

Sedari awal yang tadinya kecil ,usahanya merangkak naik. Terhitung sudah 20 tahun lamanya dan bisnisnya pun mengalami progres yang luar biasa .Dari hasil bumi beralih ke usaha dagang bahan bangunan hingga owner sejumlah alat berat .

Dalam mencermati perputaran roda perekonomian Tidore Kepulauan yang cendrung lamban ,Ko Hama yang konon cuman berbekal ijasah SMA ini mencoba memberi beberapa perspektif dari sisi realita sosial budaya. ” Pada kenyataannya masyrakat kita ini masih belum siap masuk dalam persaingan ekonomi . Semua pelaku ekonomi menengah ke atas adalah orang Tidore asli ,beda misalnya dengan Ternate yang sedari sononya itu sudah didominasi pedagang Arab dan Cina ,kemudian insiatif pelaku ekonomi lokal untuk berinvestasi membangun sentra sentra ekonomi yang side effectnya memantik pertumbuhan ekonomi dan terciptanya lapangan pekerjaan itu terbilang hampir tidak ada .Mereka termasuk Saya berhati hati dan perlu didukung data survei terkait daya beli masyrakat ” jelas Ko Ama .

Ia optimis kedepan Tidore bakal mengalami progres ekonomi yang luar biasa bersamaan dengan rencana pemerintah pusat membangun sarana transportasi TERNATE TIDORE melalui mega proyek JEMBATAN TEMADORE. ” Sebagai pelaku ekonomi lokal saya tetap konsisten dan profesional dalam menghadapi persaingan usaha .Lagi lagi kita kembalikan ke masyrakat karena dari merekalah kita masih bisa tetap eksis ” . Ungkapnya ( ATENG MRC )

 27 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.