Lulusan AKN Dipersiapkan Hadapi Tantangan Pembangunan

pj-bupati-bombana-hj-sitti-saleha-se-m-si-mengalungkan-medali-kepada-salah-satu-wisudawaan-yang-sedang-sakit-dan-harus-dipapah-saat-diwisudaBombana, (MR)
Alumni Akademi Komunitas Negeri (AKN) Bombana dituntut untuk mengimplementasikan ilmu yang dimiliki di dunia kerja dan masyarakat. Tuntutan itu merupakan tanggung jawab sosial yang melekat di pundak alumni untuk memanfaatkan ilmu yang diperoleh selama dalam perkuliahan untuk kemaslahatan umat secara keseluruhan.

“Sekarang tiba saatnya kalian mengamalkan ilmu tersebut di masyarakat berdasarkan kompetensi yang kalian miliki, karena kalian merupakan lulusan pendidikan vokasi yang dididik untuk siap menghadapi tantangan pembangunan,” kata Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Dr.Ir.H.Hamzah Yusuf, MS dalam pidatonya saat mengukuhkan lulusan Program Di Luar Domisili (PDD) Persiapan AKN Bombana yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Bombana, Sabtu (22/10).

Menurutnya, proses pendidikan di AKN menitikberatkan praktek langsung di lapangan sehingga alumninya siap menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan ke dalam dunia nyata. Karena itu, melalui pedidikan di AKN Sumber Daya Manusia (SDM) dikembangkan untuk menjadi tenaga-tenaga terampil dan ahli, yang sekaligus memenuhi kebutuhan tenaga kerja unggul dan kompetitif berbasis keunggulan lokal, dalam rangka mengembangkan potensi daerah yang akan berdampak pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Bombana memiliki potensi alam dari berbagai sektor. Petambangan, perkebunan, pertanian, peternakan, kelautan dan perikanan cukup melimpah. Hal ini, kata Hamzah, sangat disayangkan jika tidak dapat memberikan hasil dan manfaat yang maksimal.

“Kami berharap (AKN, red.) menjadi pintu guna percepatan pertumbuhan berbagai sektor dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi makro Bombana. Harapan lainnya adalah tercipta kualitas SDM yang unggul dan kompetitif untuk mengembangkan potensi daerah dan meningkatkan kemampuan masyarakat lokal agar tercipta kemandirian daerah,” tambahnya.

Sementara itu, Pj.Bupati Bombana, Hj.Sitti Saleha, SE., M.Si menyambut gembira pelaksanaan wisuda ini dan mengharapkan semua alumni dapat menjadi SDM terampil dan kompeten di tengah-tengah semakin kompleksnya kompetisi di era kehidupan globalisasi yang semakin modern.

“Masyarakat akan semakin terbuka, tingkat kompetisi akan semakin tajam, tiada ruang dan waktu tanpa kompetisi. Situasi seperti ini yang sedang kita hadapi,” ujarnya Saleha dalam sambutanannya di hadapan para wisudawan.
Terkait dengan itu makin ketatnya kompetisi saat ini, Saleha yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Suawesi Tenggara mengingatkan agar setiap individu senantiasa terus belajar, menambah pengetahuan dan kemampuan serta memperluas wawasan.

Mantan Kepala Dinas Kebudayaan, Periwisata dan Ekonomi Kreatif Bombana ini juga mengingatkan, kompetisi global tenaga kerja sebagai yang saat ini telah berlangsung merupakan tantangan bagi dunia pendidikan untuk mempersiapkan tenaga kerja handal yang mampu bersaing hingga ke luar negeri.

Wisuda III kali ini diikuti 85 alumni, masing-masing jurusan Teknologi Kimia Industri (TKI) 42 orang, Akuntansi (30) dan Otomotif (13). Acara wisuda dihadri Sekda Bombana, H.Burhanuddin HS Noy, SE., M.Si, Kapolres Bombana, AKBP Hery Susanto, para pimpinan SKPD, Kepala Sekolah, Kepala UPTD Dinas Dikpora, Camat, Kepala Desa dan Lurah se-kabupaten Bombana. >>HT

Loading

Related posts