Korbankan Gaji Selama Tiga Bulan, Untuk Penanganan Virus Corona.

Natuna(MR)- Untuk meningkatkan kinerja paraedis di lingkungan Pemkab Natuna, akibat mewabahnya Virus Corona(Covid-19), Bupati Natuna  Hamid Rizal, korban kan Gajinya selama 3 bulan untuk membantu insentive tenaga medis di kecamatan Bunguran Besar, ucap Hamid 27/03/2020.

Virus Corona merupakan wabah dunia, dan merupakan penyakit paling menakutkan karena penularan nya sangat luar bisa dan  banyak memakan korban.

Terhitung  tanggal 26 Maret 2020, telah menginfeksi 893 kasus di Indonesia, diambil dari  (www.covid19.go.id) dan berimbas pada perekonomian mulai dari pusat hingga ke daerah.

Langkah bijak Hamid Rizal pun patut diacungi jempol. Selain membentuk Satgas Corona,diketuai Wan Siswandi,  Hamid Juga mengalokasikan anggaran 15 Millyar untuk penanganan Virus Corona. Dana itu diambil dari Uang Perjalanan Dinas Bupati,Wakil, Dan Sekda Natuna,  Hingga Kepala Dinas. Tidak sampai disitu, dana penyertaan modal di Bank Pembangunan Daerah, ikut terseret. Bahkan kegiatan sipatnya seremonial turut jadi korban. Langkah ini harus cepat dilakukan agar masyarakat Natuna bisa terbantu jika ada yang terpapar.ujar  lelaki kelahiran Penyengat 68 tahun silam itu.

Melalui surat edaran,
Bupati meminta, warung internet, tempat olahraga, dan tidak melakukan acara yang sipatnya mengumpulkan massa. Ia juga menekankan siapapun memasuki Kabupaten Natuna baik, laut maupun udara, agar diperiksa kesehatannya, melalui sanitasi oleh petugas tanpa kecuali, dan harus melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Hal ini untuk untuk mengantisipasi adanya virus yang terbawa dari luar Natuna.

Kepada masyarakat luas, diharapkan kesadarannya untuk menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan, mencuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun, menjaga jarak aman, tidak berkerumun dan memakai masker bagi penderita batuk, pilek atau sedang tidak enak badan.

Kebijakan bekerja dari rumah,  bagi ASN, belajar di rumah bagi  pelajar, tidak bepergian jika tidak sangat penting, meniadakan acara-acara yang sifatnya mengumpulkan massa dan berkoordinasi dengan unsur pimpinan lainnya di Natuna.

Ini termasuk  bentuk upaya pencegahan yang diharapkan bisa efektif.
Natuna diuntungkan dengan adanya posisi geografis, karena  terpisah jauh dengan wilayah Indonesia lainnya, sehingga mestinya tidak sulit melakukan kontrol terhadap lalulintas, manusia dan barang yang dicurigai, membawa virus corona masuk ke Natuna,

Ini bisa dijalankan dengan baik jika seluruh unsur pemerintah dan masyarakat memiliki kesadaran.ucapnya./Roy.

 110 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Related posts