HADAPI SEJUMLAH KENDALA, KEPSEK SMK 3 BUAT TEROBOSAN PERSUASIF

Ternate, (RM) – Sebagai lembaga pendidikan vokasional SMK NEGERI 3 Ternate adalah satu satunya sekolah kejuruan dengan spesifikasi jurusan pariwisata di Propinsi Maluku Utara . Keberadaan lembaga pendidikan kejuruan yang beralamat di kelurahan Tabam kota Ternate ini ternyata masih menyisakan beberapa kendala .

Diwawancarai mediarakyatnews com kepsek SMK 3 Ternate Nurdjana Taher Junus S.PD mengakui kendala tersebut berupa lokasi sekolah yang tidak strategis juga rentang jarak yang berdekatan dengan lokasi bandara sehingga kerap menimbulkan kebisingan pada saat pesawat lagi take office .Kondisi ini berefek mempengaruhi efektivitas pembelajaran .

Selain dua kendala tersebut ,kendala lainnya berupa minimnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya keberadaan SMK sebagai lembaga pendidikan yang memberikan layanan pembelajaran vokasi berupa ketrampilan sebagai bagian dari proses penyiapan peserta didik ketika masuk ke pasar kerja .

” Beberapa permasalahan tersebut memicu menurunnya animo calon siswa untuk masuk ke SMK 3 .Sungguh pun demikian pihak sekolah tetap intens melakukan sosialisasi semisal melalui media sosial ,cetak dan online ” tutur Nurdjana .

Kaitannya dengan lokasi sekolah yang tidak strategis kepsek SMK 3 yang dilantik di 2018 ini mengaku memiliki insiatif untuk melakukan proses tukar guling bangunan SMK 3 yang ada saat ini dengan gedung milik Denhubrem yang berlokasi di kelurahan Salero . ” Ini adalah terobosan saya sekalipun masih insiatif lanjutannya saya akan berkoordinasi dengan pihak decitation maker ,juga membuat pertemuan dengan unsur komite dan orang tua siswa . Master plan dalam bentuk proposal akan kami godok ke pemda moga ini bisa diamini ” tegas Kepsek .

Ia juga menambahkan guna mewujudkan visi misi kelembagaan ,tanggungjawab pendidikan tidak semata diintegrasikan ke pihak sekolah tapi butuh keterlibatan masyrakat . Olehnya itu Ia intens melakukan sosialisasi dan pendekatan dengan masyrakat sebagai mitra terpenting suksesnya pendidikan .

SMK 3 Ternate saat ini memiliki 5 jurusan ,3 diantaranya masuk dalam katagori unggulan sebagai jurusan yang paling diminati yakni jurusan Busana ,Kesehatan Masyarakat dan Tata Boga. Dua lainnya meliputi Tata Kecantikan dan Akomodasi Perhotelan .

Guna pengembangan kompetensi jurusan ,siswa siswi sekolah ini tetap intens setiap tahun mengekuti event LKS ( LOMBA KREASI SISWA ) hingga ke tingkat nasional . ” siswa siswi kita tampil dengan kreasi desain baju yang disesuaikan dengan situasi covid 19 ,ini karya terbaik anak SMK 3 ” Tandas kandidat magister manajemen pendidikan universitas khairun ini. (ATENG MRC)

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.