Gelontorkan 15 Milyar, Tangani  Covid 19.

Natuna(MR)-  Langkah cepat Bupati Natuna, Hamid Rizal,  untuk menanggulangi Covid 19, patut diacungi jempol.

Pagi tadi, Bupati Natuna, memanggil  Team TPAD guna membahas penyediaan  anggaran, terhadap pencegahan dan penanggulangan  virus Corona di rumah dinas Bupati Selasa 24/03/2020.

Mewabahnya virus Corona,  telah  meresahkan dunia dan membuat lumpuh perekonomian. Oleh sebab itu butuh keberanian  seorang pemimpin, untuk mengambil langkah bijak,  agar Virus ini bisa diatasi.

Dari hasil rapat dengan TPAD, Pemkab  Natuna sepakat  menggelontorkan dana 15 millyar,  diambil dari dana Perjalanan Dinas Bupati, Wakil Bupati Natuna, Sekda dan seluruh OPD selama 2 kali perjalanan ucap Hamid  kepada sejumlah wartawan.

Hamid Rizal juga menggeser anggaran penyertaan modal di Bank BPD  untuk memenuhi  target 15 M. Bahkan anggaran kegiatan  pertemuan  dinas dan badan, dianggap kurang efisien, turut jadi korban.

“Langkah ini, harus saya ambil, untuk membantu masyarakat Natuna,  jika terpapar virus Corona”. Ucap Bupati dua periode itu. Mengingat rumah sakit khusus Corona belum ada, maka perlu dana  penanggulangannya. Anggaran  sebesar itu, bisa  mengkaper  4-5 bulan.

Hamid Rizal juga bersyukur hingga saat ini, Masyarakat Natuna masih bebas dari Covid 19. Meski demikian kita tetap waspada dan banyak berdoa agar terhindar dari virus mematikan itu.

Seandainya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Pemkab Natuna akan segera di me fasien kerumah sakit diluar Natuna.Sebab peralatannya pasti lebih lengkap . Intinya tidak boleh lengah. Ini kebijakan  Pemkab untuk masyarakat Natuna.

Kehadiran Ketua DPRD bersama anggota , agar mereka mengetahui kebijakan yang dilakukan.

Terkait anggaran perjalanan dinas Ketua dan anggota DPRD ikut dipotong, bukan ranah mereka, karena lain dapur rumah tangga. Ke dari demikian Hamid berharap
DPRD Natuna bisa mengikuti  langkah  Pemerintah Daerah, dengan mengurangi dana perjalanan dinasnya.” Iya kalau tidak bisa 2 kali perjalanan, sekali aja pun jadi ucap Hamid sambil  tersenyum.

Dana itu juga diperuntukkan, menambah insentive bagi tenaga medis yang menangani pasien gejala virus Corona.

“Natuna belum ada Rumah sakit khusus Corona, maka perlu anggaran besar, guna pengiriman pasien jika ada terpapar virus menakutkan itu.

Rencananya saya akan ketemu dengan Danlanud untuk membicarakan rumah saki terintegrasi, milik TNI AU, agar bisa dipakai untuk menanggulangi masyarakat yang terpapar Covid 19.
Sebab RSUD, tempat umum dan ruangan tidak ada yang khusus, ucapnya.

Usai memberikan keterangan, kepada sejumlah media Bupati bersama istri dan kadis Kesehatan, meninjau langsung RSUD Natuna  dan Puskesmas Kecamatan Tanjung.

Dalam peninjauan RSUD, terdapat 9 dr khusus dan 10 dr umum, serta 350 lebih tenaga perawat. Meski demikian  Natuna masih kekurangan tenaga medis untuk di tempatkan di puskesmas ./Roy.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.