Dinas Pendidikan Kepri Gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Tahun 2020

 

Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) selama tiga hari 24-26 Februari 2020 yang dibuka langsung secara resmi oleh Plt Gubernur Kepri.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, Muhammad Dali mengatakan dalam kegiatan Rakor ini, pihaknya akan upayakan kolaborasi kerjasama tim yang kuat dengan Dinas Pendidikan, yang diikuti sebanyak 600 peserta.

“Dengan tema Kebijakan Merdeka Belajar, akan ada empat hal yang akan diimplementasikan, yang pertama menyangkut Ujian Nasional Berbasis Sekolah (UNBS) 2020 tidak ada lagi, jadi akan dikembalikan ke sekolah masing-masing untuk menyelenggarakan sesuai dengan standar nilai yang ada disekolah, yang kedua, Ujian Nasional 2021 akan ditiadakan, dan akan digantikan dengan Asesmen kompetensi.

Selanjutnya, sistem pembelajaran menjadi satu lembar Rencana Program Pengajaran (RPP), dan yang terakhir tentang Pelaksanaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang diawali pada 01 Juli 2020.

“Tidak lama lagi kita akan menerima PPDB, hal tersebut sangat perlu kita bahas dalam rakor ini,” ujar Muhammad Dali, Kadisdik Kepri, Senin, 24 Februari 2020.

Dijelaskannya, PPDB tahun ini mengutamakan zonasi untuk SMA dengan rincian 50 persen zonasi, 30 persen prestasi, 5 (lima) persen perpindahan orang tua, dan 15 persen apermasi,” jelasnya.
“Insyaallah tahun ini tidak akan ada lagi permasalahan zonasi, semua akan diterima, dan semua yang mendaftar bisa ditampung,” imbuhnya.

Ditambahkannya, adapun yang melatar belakangi rapat koordinasi dan evaluasi itu adalah dengan diterimanya Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) dan Dokumen pelaksana Anggaran (DPA) Dinas Pendidikan Provinsi Kepri tahun anggaran 2020.

Dinas Pendidikan Provinsi Kepri akan memulai kegiatan pembangunan yang telah diprogramkan untuk tahun 2020, baik itu yang dibiayai oleh dana APBN maupun melalui yang biayai oleh dana APBD Provinsi Kepri.

Keberhasilan pembangunan pendidikan seperti yang diharapkan akan dapat tercapai apabila dalam pelaksanaannya adanya koordinasi yang baik dan komitmen yang tinggi antara seluruh stakeholder.

“Rapat evaluasi ini dilaksanakan selma 3 hari. Oleh karenanya rapat evaluasi ini diharapkan dapat menghasilkan kesepatakan yang efektif untuk suksesnya pelaksaan pendidikan di Kepri selama tahun 2020 ini,” pungkasnya.

 137,022 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Related posts