SMP Nasional Banau Ternate Lakukan Pelatihan IT Untuk Guru-Guru

Kepala Sekolah SMP BANAU TERNATE Junauan Abdullah, S.Pd

Kota Ternate, (MR) – Guna efektivitas pembelajaran di era pandemi Covid 19 SMP Nasional Banau Ternate pada Juli 2020 melakukan pelatihan IT yang diikuti oleh seluruh pelaksana pendidikan atau guru. Diwawancarai awak mediarakyatnews.com, kepala sekolah Junauan Abdullah, S.Pd menjelaskan cakupan kegiatan tersebut meliputi proses pembuatan media pembelajaran.

“Ini dimaksudkan agar guru-guru sebagai pelaksana pendidikan di sekolah lebih berkompeten dalam mengaplikasikan model pembelajaran dengan menggunakan IT. Seiring dengan sikon Covid-19 pembelajaran dengan IT dianggap penting, karena metode pembelajarannya menggunakan daring dan luring.” Tuturnya.

Kegiatan pelatihan IT yang berlangsung 4 hari dipusatkan di SMP Nasional Banau Ternate selain pesertanya adalah guru-guru, kegiatan ini juga dipantau oleh Pengawas Manajerial Sekolah.

Dari proses pembelajaran yang dilakukan dengan metode daring capai hasilnya sangat memuaskan. “Angka persentase hasilnya adalah 80%. Kita sebenarnya terbentur dengan beberapa permasalahan semisal 50% dari 92 siswa adalah kategori siswa yang memiliki atau menggunakan HP Android, 25% siswa menggunakan HP non Android dan 25% siswa tidak sama sekali memiliki / menggunakan HP. Untuk katagori siswa yang memiliki menggunakan HP non Android dan tidak memiliki HP, metodologi pembelajarannya guru datang ke rumah siswa yang bersangkutan atau yang disebut dengan metode Luring.

Junauan pun turut memberi apresiasi dengan kebijakan pemerintah melalui instruksi Dinas Pendidikan Kota Ternate untuk resmi memberlakukan pembelajaran tatap muka. Ia menegaskan instruksi tersebut pada dasarnya membantu guru-guru dan peserta didik lantaran selama penerapan metode daring siswa sebagai peserta didik secara psikologis merasa jenuh. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap mutu pendidikan.

Diberi mandat kepercayaan sebagai Kepala Sekolah, Junauan dinilai sukses dalam penerapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) khususnya di lembaga pendidikan yang dipimpinnya.  Sukses pula pada keikutsertaan siswa-siswinya di ajang pencak silat SMP Se-Kota Ternate yang langsung disponsori KONI Kota Ternate. Selain itu dengan kemampuan lobi yang dimilikinya SMP Nasional Banau kecipratan bantuan dari Dinas Pendidikan Kota Ternate berupa satu set komputer yang didalamnya terdapat 22 unit komputer siswa dan satu komputer proktor. (ATENG MRC)

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.