RSUD dr. Soedomo Dapat Akreditasi dari Kemenkes

Trenggalek, (MR)

Kedatangan Tim Penilai Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dari Kementerian Kesehatan RI disambut dengan penuh antu-sias oleh seluruh jajaran pejabat struktural dan fungsional di lingkup RSUD dr.Soedomo Kabupaten Trenggalek.

Tim yang diketuai oleh dr. Muhammad Mansur, M.Kes tersebut akan menilai 5 pelaya-nan di RSUD dr.Soedomo selama tiga hari berturut-turut, Tim melakukan proses akre-ditasi yang terdiri dari akreditasi manajemen, pelayanan medik, perawatan, pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD) dan pelayanan rekam medik. Ber-tempat di Gedung Pertemuan RSUD dr. Soedomo, Tim penilai secara resmi diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabu-paten Trenggalek, Drs. I Gede Siama, M.Si, Direktur RSUD, dr.Noto Budiyanto, MM serta Kepala Dinas Kesehatan, dr.Sugito Teguh.

Bahkan sebelum acara dimulai, komitmen untuk melakukan peningkatan pelaya-nan sudah terlihat yang ditan-dai dengan ditandatanganinya Pakta Integritas Layanan oleh seluruh jajaran pejabat struk-tural maupun fungsional lingkup RSUD dr. Soedomo.

Dengan janji layanan yang berbunyi melayani dengan sepenuh hati, mengutamakan pelayanan yang berkualitas untuk kesembuhan dan kepuasan pasien, diharapkan RSUD dr.Soedomo mampu berbenah diri. Direktur Rumah Sakit dr.Soedomo, dr.Noto Budiyanto, MM dalam kesem-patan ini mengungkapkan bahwa fakta integritas merupa-kan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan pasien.

Terkait dengan proses akreditasi tersebut, dr. Noto Budiyanto menghimbau kepa-da seluruh jajarannya untuk tetap bersemangat dan termo-tivasi. Sebab, akreditasi bukan merupakan tujuan akhir namun merupakan awal untuk membe-rikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Selanjutnya, Ketua Tim Penilai Akretisasi Rumah sakit, dr.Muhammad Mansur menya-takan bahwa akreditasi memang diperlukan bagi Rumah Sakit milik pemerintah maupun Rumah Sakit Swasta. Akreditasi tersebut dijadikan acuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.“Minimal 3 tahun sekali rumah sakit harus dilakukan akreditasi” ungkap-nya.

Bupati Trenggalek dalam sambutan tertulis yang disam-paikan oleh Asisten Perekono-mian dan Pembangunan, Drs. I Gede Siama, M.Si berharap agar akreditasi ini bisa terlaksana dengan baik. “ Semoga rumah sakit Dr. Soedomo bisa men-dapatkan predikat terakreditasi untuk 3 tahun kedepan” ungkap Bupati.

Kepada seluruh jajaran RSUD dR. Soedomo, Bupati berpesan untuk bekerja keras dan optimal dalam proses penilaian akreditasi “Jangan sampai grogi” ujar Bupati. Karena proses akreditasi ini dinilai akan memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap kenyamanan pasien. “Jika akreditasi telah terpenuhi, maka akan menimbulkan rasa aman karena rumah sakit dianggap telah memiliki sarana dan prasarana yang memenuhi syarat,” ujar Bupati.

Selain itu, menurut Bupati, akreditasi juga bermanfaat khususnya bagi pemilik rumah sakit dalam hal ini adalah Pemerintah Daerah dalam rangka mengukur kinerja pengelola rumah sakit. Untuk dampak yang lebih luas, Bupati berharap agar proses akreditasi RSUD dr. Soedomo mampu memberikan inspirasi dan motivasi terutama bagi proses pelayanan publik lainnya. Yang lebih penting lagi, Bupati berharap agar proses akreditasi ini tidak hanya sekedar men-dapatkan sertifikat saja, tetapi lebih untuk meningkatkan kinerja pelayanan. >> Mlr/Kdr

Loading

Related posts