Pengerjaan Jalan Lingkar Mencapai 30 persen

Sukabumi, (MR)
Pembangunan Jalan Lingkar Selatan Kota Sukabumi Segmen III memasuki tahap awal. Untuk memastikan  kelancaran pengerjaannya, Walikota Sukabumi, HM. Muraz melakukan peninjauan  segmen III jalan sepanjang 4.4 km tersebut dengan mengunakan sepeda motor, Kamis (6/8). Didampingi Kepala Dinas Perhubungan dan Bina Marga (DishubBM) Kota Sukabumi, Asep Irawan, Walikota menelusuri jalan yang masih dalam tahap pengerasan. “Saya berharap, pembangunannya selesai sesuai dengan yang ditargetkan,”ujarnya usai melakukan peninjauan.

Hasil peninjauannya, Muraz optimis target  pengerjaannya bisa selesai dua tahun. Kini pengerjaan memasuki tahap  pengerasan awal. Selanjutnya dilakukan pengaspalan dan finishing.  Pengerasan dilakukan pada tahun pertama dan tahapan  pengaspalan  pada tahun kedua. “Pengerasan pada thun 2015 dan tahun 2016 sudah selesai pengaspalan dan akhir tahun sudah bisa diperasikan,”katanya.

Selesainya pembangunan Jalan Lingkar Selatan Segmen III direncanakan berbarengan dengan selesainya pem bangunan terminal Bus Type A yang berlokasi di Jalan Jalur. Sehingga, bus  yang menuju terminal baru tersebut  dari arah timur bisa melalui jalan lingkar selatan. “Pengoperasian Jalan Lingkar Selatan pas dengan pengoperasian terminal bus. Begitu selesai jalan dioperasikan, terminal juga dipindahkan,”katanya.

Jalan tembusan Lingkar Selatan  direncanakan sejak 14 tahun lalu. Namun dalam perjalanannya menghadapi kendala  dalam tahapan pengadaan tanah. Setelah menjabat Walikota, Muraz langsung menindaklanjuti dengan berkordinasi dengan pemerintah Propinsi Jawa Barat.

Sempat gagal lelang pada tahun 2014, tapi pada tahun 2015 berjalan dengan lancar.  “Alhamdulillah begitu saya menjabat saya langsung meminta ke Gubernur agar  segera direalisasikan. Pengerjaannya bisa dimulai pada tahun 2015,”ujarnya.

Sedangkan belum tembusnya pengerjaan hingga Jalan Selakaso, Muraz mengatakan merupakan masalah teknis. Sebab, pada ujung Segmen III terdapat lintasan rel kereta api yang harus dibangun jalan layang (play over). Pada rencana awal, tidak dimasukkan adanya pembangunan jalan layang diatas lintasan rel kereta api. “Pada  ujung Segmen III belum diratakan karena masih dalam penghitungan akan dibangun play over. Tapi dipastikan selesai sesuai target,”jelasnya.

Dia  berharap, pembangunan  jalan lingkar bukan hanya sampai Jalan Selakaso, tapi  bisa dilanjutkankan hingga Cianjur, sesuai rencana awal. Untuk Segemen IV kata dia merupakan kewenangan Pemkab Sukabumi karena wilayahnya sudah masuk Kabupaten Sukabumi,”katanya. >>Lelly

Loading

Related posts