mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

KPK : Pengadaan Barang dan Jasa Rawan Korupsi

Published on Apr 20 2012 // Berita Utama

“Kasus yang ditangani KPK, 60 persen sampai 70 persennya terkait dengan pengadaan barang dan jasa. Jadi, pengadaan barang dan jasa memang rawan terjadinya korupsi,”
–Johan Budi SP–

 

Jakarta,(MR)

KPK saat ini tengah berurusan dengan sejumlah kasus yang berkaitan dengan barang dan jasa. Lembaga antikorupsi ini menyebut, tindak korupsi di sektor itu masih merupakan yang tertinggi di banding sektor lainnya.

“Kasus yang ditangani KPK, 60 persen sampai 70 persennya terkait dengan pengadaan barang dan jasa. Jadi, pengadaan barang dan jasa memang rawan terjadinya korupsi,” kata Johan Budi SP di Jakarta, Rabu (18/4).

Misalnya saja, sejumlah kasus yang ditangani KPK terkait dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Kasus korupsi di kementerian itu sampai terbagi menjadi beberapa cabang, seperti kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) pembekalan terkait flu burung tahun 2006 dengan tersangka RDU (Ratna Dewi Umar).

Selain itu, kasus dugaan korupsi pengadaan medis sisa dana pengadaan flu burung di Ditjen Pelayanan Medis tahun 2006 dengan tersangka MAH (Mulya A Hasjim). Terakhir, kasus dugaan korupsi pengadan alkes untuk pengadaan pusat krisis di Depkes tahun 2007 dengan tersangka RP (Rusman Pakkaya) >> Tedy Sutisna

Leave a comment