KPK Kembali Gelar Festival Suara Anti Korupsi (SAKSI) 2020

Jakarta | www.mediarakyatnews.com,- Komisi Pemberantasan Korupsi kembali menggelar Festival Suara Antikorupsi (SAKSI) 2020. Tahun ini adalah kali ke lima KPK menggelar Festival SAKSI.

Ratusan lagu karya musisi dari berbagai genre dan daerah di nusantara telah terkumpul selama empat tahun penyelenggaraan festival ini.
Berbeda dengan empat tahun sebelumnya, kali ini KPK akan mengajak masyarakat untuk membuat video lirik. Video lirik yang dibuat, harus berasal dari lagu hasil Festival SAKSI 2016-2019 yang telah diseleksi oleh KPK.

Festival SAKSI 2020 telah diawali dengan pelatihan berupa pembekalan materi tentang pembuatan video lirik yang kreatif, serta mampu menampilkan pesan yang kuat tentang antikorupsi. Pelatihan ini digelar secara daring sebanyak dua kali pada 2 dan 3 November 2020.

Dalam pelatihan tersebut, KPK menghadirkan Cholil Mahmud dari Efek Rumah Kaca, Ramah Handoko dari Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK, dan Dichod yang merupakan seorang Youtuber dan Visual Artist.

KPK membagi peserta kompetisi video lirik ini dalam dua kategori, yakni amatir dan profesional, yang berusia minimal 17 tahun. Peserta boleh membuat video secara individu maupun kelompok. Sebanyak 10 video terbaik akan mendapat apresiasi berupa uang tunai dengan total nilai Rp 87 juta.

Pendaftaran untuk mengikuti Festival SAKSI 2020 telah dibuka sejak 6 November 2020 dan batas akhir pengumpulan karya adalah tanggal 30 November 2020. Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran melalui link berikut https://kanal.kpk.go.id/wp-content/uploads/2020/11/FORM-PERNYATAAN-PENDAFTARAN-SAKSI-2020.pdf
Dalam link tersebut, peserta wajib mengisi keterangan data diri dan judul video yang diajukan yang dikirimkan kepada panitia.

Informasi lengkap tentang kompetisi SAKSI 2020 dapat diakses melalui https://kanal.kpk.go.id/saksi-2020/
Seluruh konten video musik yang dihasilkan dari kegiatan ini akan menambah koleksi konten audiovisual KanalKPK, yang diunggah ke website KanalKPK (https://kanal.kpk.go.id) dan platform YouTube milik KanalKPK. Saat ini, KanalKPK telah memiliki lebih dari 4.450 subscriber untuk 646 buah konten audiovisual yang terdiri dari berbagai tema, diantaranya berita, talkshow, komedi, musik dan dongeng anak. (Anto)

Sumber : Biro Hubungan Masyarakat KPK

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.