Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Utara Tertangkap Tangan Tim Saber Pungli

Taput, (MR)
Pemberantas Pungutan Liar (pungli), upaya Pemerintahan Presiden Jokowi untuk dilaksanakan tapi masih saja banyak pejabat yang tidak mengindahkan perintahnya. Betapa tidak, tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) menangkap tangan Kepala Dinas Pendidikan Taput inisial JP terkait memeras Kepala Sekolah di rumah pribadi di Taput, Rabu (21/12).

Tim juga menangkap Kepala SMA Negeri 1 Taput inisial JUS dan Kepala SMA Negeri 1 Sipahutar inisial BL. Karena pada saat penangkapan itu, JP sedang bersama dengan JUS dan BL di rumah sang Kadis. Pada saat dilakukan peng-geledahan ditemukan uang di kamar Kadis Pendidikan. Total uang keseluruhan senilai Rp 250 juta. Kini ketiga tersangka sudah diboyong ke Polres Taput untuk menjalani proses pemeriksaan secara intensif untuk mempertanggung jawabkan sumber uang tersebut. Bersama ketiganya, uang senilai Rp 250 juta itu disita dan dibawa ke markas Polres Taput sebagai barang bukti.

Penangkapan dilakukan saat JUS dan BL sedang menyerahkan uang Rp 26 juta kepada JP. Uang tersebut berasal dari keuntungan pembelian bagian ruang kelas baru sekolah-sekolah di Taput, 2016. Pemberian tersebut atas permintaan Kadis pendidikan. Uang 26 juta itu dengan rincian: Rp 10 juta dari SMA 1 Garoga, Rp 10 juta dari SMA Pangaribuan dan Rp 6 juta dari SMA 2 Siborong-borong. Setelah ketiganya ditangkap, petugas kemudian menggeledah kamar sang kadisdik. Dari kamarnya didapat uang dalam jumlah fantastis. >>Maria

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.