mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Kasus Driving: Simulator 70 Polisi Lindungi Djoko Susilo Dari Wartawan

Published on Oct 09 2012 // Berita Utama

Jakarta,(MR)
UNTUK kali pertama dalam pemeriksaan saksi maupun tersangka di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), seseorang dikawal lebih dari 70 aparat Kepolisian. Itulah yang terjadi kepada Mantan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri Irjen Pol Djoko Susilo.
Keistimewaan yang diperoleh karena jabatan memungkinkan Djoko untuk menggunakan kekuasaannya dalam setiap aktivitasnya. Usai menjalani pemeriksaan selama kurang lebih 9 jam, mantan gubernur Akpol itu turun dengan santai menggunakan baju safari abu-abu.
Kawalan 70 polisi sangat besar. Sekitar 10 orang polisi berbaris di tangga lobi, 10 di depan tangga dan selebihnya bersebaran di jalan lobi utama. Posisi mereka siap untuk mengamankan Djoko Susilo untuk lepas dari kumpalan wartawan yang sangat antusias melayangkan pertanyaan. Lalu dia pun masuk ke mobilnya dengan lancar.
“Saya hari ini menjalankan proses hukum karena itu kami mematuhi aturan hukum. Maka kami mengikuti proses hukum berikutnya, terima kasih,” ujar Djoko seusai pemeriksaan di Gedung KPK. Setelah Djoko meninggalkan gedung KPK, tersangka lain Siti Hartati Murdaya keluar. Namun penjagaanya hanya sekitar 35 polisi, itu pun hanya 20 polisi yang berposisi siaga. Selebihnya terlihat santai. Ada satu orang yang lerlihat menguap, beberapa lainnya saling bercanda dan mengobrol.
Sebelumnya, memang kehadiran polisi itu sebagian untuk mengawal demonstrasi, karena dari pagi hingga sore terjadi tiga demonstrasi yang cukup besar, diperkirakan melibatkan lebih dari 500 orang. Namun tenaga polisi yang dikerahkan kurang dari 50 polisi.
Berdasarkan pengamatan Wartawan selama ini, setiap saksi atau tersangka usai menjalani pemeriksaan, jarang ada pengawalan polisi seperti Jumat hari ini. Paling, pengamanan cukup oleh satpam KPK, itu pun di bawah sepuluh orang.
Belum Masuk Materi
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Zulkarnain mengatakan belum ditahannya tersangka dugaan kasus korupsi pengadaan Driving Simulator Roda 2 dan Roda 4 di Korlantas Mabes Polri, Irjen Pol Djoko Susilo, disebabkan pemeriksaan belum masuk dalam materi.
“Belum (masuk materi). Kita evaluasi dulu, kita pertimbangkan dulu hasil pemeriksaan hari ini, Kita juga butuh perhitungkan hasil audit investigasi BPK. KPK juga mempertimbangkan batas waktu kalau menahan tersangka itu,” kata Zulkarnain saat dihubungi, Jumat (5/10).
KPK juga belum ada rencana pemanggilan selanjutnya terhadap mantan Gubernur Akpol itu, karena harus dibahas dulu oleh para pimpinan, dan harus juga disesuaikan dengan jadwal penyidik. “Saya belum tahu persis, tapi biasanya kasus-kasus seperti ini tidak rampung sekali pemeriksaan. Penyidik akan teliti lagi (keterangan hari ini). Kami juga mengapresiasi kehadiran Djoko sebagai bentuk ketaatan terhadap hukum,” ungkapnya. >> Sahrial Nova

Leave a comment