TKSK Sosialisasikan Perbaikan NIK Pada DTKS

Canat bersama Ketua TKSK

Kota Tangerang, (MR) – Dalam rangka menindaklanjuti Surat Dinas Sosial, prihal Revisi Surat Percepatan Perbaikan Data (NIK), Usulan Baru DTKS dan Penerima Bansos Periode September 2021, maka dengan ini Ketua TKSK Kecamatan Periuk, Kota Tangerang Rahmat telah mensosialisasikan finalisasi perbaikan data dan verfikasi kelayakan.

“Alhamdulillah, kami selaku Ketua TKSK Kecamatan Periuk telah menuntaskan Perbaikan NIK data pada DTKS sesuai dengan dokumen kependudukan agar proses penyaluran bantuan sosial akurat dan tepat sasaran,” urai Ketua TKSK Kecamatan Periuk Rahmat kepada Media Rakyat di ruang kerjanya, Senin (6/9).

Lebih lanjut dia menambahkan, bahwa Periode bulan September 2021 ini warga masyarakat dapat melakukan Usulan Baru untuk Calon Penerima BPNT, PKH, dan BST, bagi warga yang sudah terdaftar maupun yang belum terdaftar dalam DTKS tapi belum mendapatkan bantuan dan dinilai layak untuk diusulkan.

Suasana finalisasi perbaikan data dan verfikasi kelayakan untuk syarat kelayakan manfaat usulan Data Terpadu Kesejahtraan Sosial (DTKS) di Kecamatan Periuk.

“Terkait dengan hal tersebut kami selaku Ketua TKSK Kecamatan Periuk dengan melibatkan Pendamping PKH, dan Operator/Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) untuk menuntaskan Perbaikan NIK DTKS tersebut periode bulan September tahun 2021 pada aplikasi SIKS-NG Online,” imbuh Rahmat.

intinya, adalah sambung Rahmat, khususnya kepada warga masyarakat yang belum terdaftar pada Data Terpadu Kesejahtraan Sosial (DTKS) dan dinilai layak untuk didaftarkan ke DTKS, agar diinput seluruh anggota keluarganya dalam 1 (satu) Kartu Keluarga (KK) dengan menggunakan format template Excel.

“Pengajuan Usulan Baru DTKS dan Usulan Penerima Bantuan Sosial hanya bersipat sebagai data usulan, yang kemudian akan dikirimkan kepada Kementerian Sosial RI. Adapun, penetapan layak atau tidak layak ditetapkan sebagai DTKS dan Penerima Bantuan selanjutnya akan ditetapkan oleh Kementerian Sosial RI,” ungkapnya.

Sedangkan menurut Rahmat, unatuk pengajuan usulan baru Data Terpadu Kesejahtraan Sosial (DTKS) dan usulan baru penerima bantuan sosial paling lambat dikirimkan 8 September 2021 dengan disertai surat pengajuan data yang ditanda tangani oleh Camat.

“Intinya, finalisasi perbaikan data dan verfikasi kelayakan untuk syarat kelayakan manfaat usulan Data Terpadu Kesejahtraan Sosial (DTKS) kepada seluruh masyarakat diminta agar melakukan usulan penambahan data baru penerima manfaat program bantuan sosial serta penilaian kelayakan atas usulan data tersebut, dengan sekurangnya harus memperhatikan Angka Garis Kemiskinan, dan Keputusan Menteri Sosial Nomor 146/HUK/2013 tentang kriteria fakir miskin teregister,” pungkas Rahmat. (HANDRI/RUSTAM)

 1,411 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.