PUSKESMAS MOTOBOI KECIL KOTAMOBAGU RAIH PENGHARGAAN CAKUPAN SKRINING IVA TERTINGGI se-Sulut

KOTAMOBAGU, MR | Sabtu 19 Nofember 2022 – Kota Kotamobagu Puskesmas Motoboi Kecil meraih Penghargaan kategori Cakupan Skrining Inspeksi Visual Asetat (IVA) tertinggi se – Sulawesi Utara (Sulut).
Piagam penghargaan tersebut, diserahkan Wakil Gubenur Sulut Steven Kandouw pada rangkaian acara peringatan HKN bertempat di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut.
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu dr Wahdania Mantang M.Kes mengatakan, penghargaan diraih berkat keberhasilan pemeriksaan dan pengendalian melalui deteksi dini kanker serviks di wilayah Kotamobagu.
Kanker serviks atau kanker mulut rahim adalah pembunuh nomor satu di Indonesia. Terkait dengan program ini Kotamobagu sudah mempunyai SDM yang dilatih langsung oleh Kementrian Kesehatan dengan jumlah 30 Nakes pada tahun 2017  dan sudah mempunyai alat Cyoterapi di 5 Puskesmas utuk pencegahan lesi Pra Kanker,” ujarnya.

Menurut  dr. Wahdania, setiap bulannya 5 Puskesmas yang ada di Kotamobagu sudah melaksanakan pemeriksaan IVA deteksi dini Kanker serviks pada masyarakat.
Pada tahun 2022 Puskesmas Motoboi Kecil dengan Kepala Puskesmas Linda Mokodongan,S.ST., bahwa untuk  melaksanakan pemeriksaan IVA deteksi dini kanker serviks dengan jumlah kunjungan terbanyak. Hasilnya penemuan Positif IVA sebanyak 3 orang dan curiga Kanker serviks 5 orang,” ungkapnya.
Wahdania pun berharap seluruh masyarakat agar mau dan proaktif mengikuti kegiatan tes Inspeksi visual dengan asam asetat yang dilaksanakan oleh fasilitas kesehatan yang ada di Kotamobagu.
Kesehatan lebih penting dan mencegah itu lebih baik dibanding mengobati. Dengan pemeriksaan IVA kita bisa lebih awal mendeteksi apakah ada kanker atau tidak,dr Wahdaniah Mandeng, M.Kes. Sejak Pemkot memberi amanah menjadi Kadis Kesehatan kepada beliau satu persatu penghargaan di bidang kesehatan yang diraih untuk Kota Kotamobagu.~ NeniRadjab

 766 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.