Pembelajaran Daring Tidak Surutkan Semangat Para Guru TK Kuntum Seruni Mogolaing Kotamobagu

Kotamobagu, (MR) – Kebijakan pemerintah terkait wabah Covid-19, tentang Belajar di Rumah bagi seluruh peserta didik dan mahasiswa disikapi dengan bijak. Pada tingkatan PAUD hingga SMA/SMK para guru berinovasi dalam pembelajaran jarak jauh atau daring. Para guru berinovasi dalam menggunakan metode pembelajaran bagi para peserta didiknya.

Demikian pula dilakukan para guru di TK Kuntum Seruni Mogolaing Kotamobagu, yang melakukan sistem kegiatan belajar mengajar (KBM) dirumah dengan sistem luar jaringan (luring). Tentu para guru tetap memperhatikan kurikulum yang berlaku saat ini bagi TK.

Dikarenakan kondisi siswa TK yang tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan belajar di sekolah, pihak guru merangkul orang tua untuk membantu sekaligus mengawasi kegiatan belajar anaknya dirumah. Materi belajar anak yang diberikan tetap disesuaikan dengan RPPH sekolah.

Sjane Jansje Rompas,S.Pd selaku Kepala TK Kuntum Seruni Mogolaing dengan jumlah 58 murid ini menerapkan sistem belajar luring agar anak-anak tetap semangat dalam belajar dirumah.

“Suka duka disaat covid-19 belajar dalam rumah (BDR) saya menerapkan sistem belajar luring agar anak-anak tetap semangat dalam belajar di rumah didampingi guru dan orang tua masing-masing,” Kata Kepala TK Kuntum Seruni Mogolaing

Sjane Jansje mengungkapkan bahwa pihak guru berusaha untuk tidak membebani para orang tua dengan terlalu banyak tugas. Dia juga mengimbau guru untuk memberikan tugas yang memudahkan anak.

“Yang terpenting adalah pembentukan karakter seorang anak selalu kami tekankan kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan dengan orang tua, sehingga kedekatan anak dan orang tua dapat terbangun,” ungkapnya.

Hal itu sekaligus sebagai wujud pengawasan pembelajaran oleh orang tua di rumah. “Dengan cara ini, terbangun kerjasama guru dengan orang tua dan anak. Semoga semua tetap semangat dan kondisi segera normal kembali,” harap Sjane Jansje. (Neni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.