Mekar Jaya, Dan Pian Tengah, Masuk, Intervensi Stunting. 

Natuna(MR)- Ditetapkan jadi Desa Intervensi shunting, Mekar jaya dan Pian Tengah ,diresmikan  jadi Kampung KB,  tanggal 8 Oktober 2018 Kedua desa ini, merupakan desa tertinggal . Ini Desa ke 21-22 mendapat gelar Kampung KB, sejak dicanangkan tahun 2016 lalu.

Kampung KB merupakan program inovasi untuk mempercepat pembangunan di tingkat desa/kelurahan.

Kampung KB dicanangkan pertama kali oleh Presiden Joko Widodo di sukabumi januari 2016 lalu. Kemudian  diikuti oleh  seluruh kabupaten kota di Indonesia.

Natuna sendiri, pertama kali melakukan pencanangan di desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut oleh Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal.

Untuk tahun 2017 dilaksanakan di 15 kecamatan  Dan pada tahun ini , targetnya harus terealisasi.

Ada beberapa indikator yang menjadi acuan dalam pemilihan sebuah desa menjadi kampung KB. Diantaranya jumlah masyarakat pra sejahtera dan sejahtera 1 . Akseptor MKJP masih rendah,  akses masih sulit, minimnya sarana dan prasarana.  IDM (Indeks Desa Membangun)  masih rendah. Tergolong desa tertinggal dan sangat tertinggal,serta  tingkat pendidikan  rendah .serata tingginya angka stunting di desa itu. Ucap Kadiskes Natuna, Rizal Rinaldy.

Menurutnya tujuan  dibentuknya kampung KB , untuk meningkatkan capaian terhadap program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga di tingkat desa dengan membangkitkan semangat gotong royong dan kemandirian masyarakat, dalam mengatasi masalah dan memenuhi kebutuhan masyarakat .

Meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan mengajak dan bersinergi dengan seluruh elemen baik di tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten Provinsi dan Pusat, baik dari tokoh masyarakat, agama, adat, organisasi masyarakat, sektor swasta dan pemerintah.

Kampung KB satuan wilayah setingkat RW/dusun/desa  memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program KKBPK (kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga)

Adapun OPD  yang hadir , Kadis Kominfo, Kadis DPMPD, ketua PKK,  organisasi profesi,  FKPD dan perwakilan BKKBN provinsi

Harapan terbentuknya kampung KB ,untuk pembangunan desa dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan sinkronisasi program yang ada di daerah

Jumlah akseptor pada saat pencanangan ada 5 ( 1 IUD,  4 implan. Sasaran  balita, remaja, pasangan usia subur dan lansia, sesuai dengan tugas masing2.Sekitar  32 desa telah dilakukan pencanangannya, tinggal  35 desa lagi belum diresmikan .
10 desa  masih dalam tahap persiapan.

Penetapan kampung KB berdasarkan kriteria telah di tetapkan pusat , serta kategori desa tertinggal / sangat tertinggal dan desa stunting

Kampung KB, telah  digunakan tahun sebelum nya, telah dilakukan pembinaan, meski hasilnya belum  maksimal..

Mewakili Bupati Natuna, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana, resmi membuka Kampung KB, ditandai pemukulan gong sebanyak 3 kali kemudian  penyerahan SK penetapan, dan  susunan organisasi  Kampung KB.

Antudias  masyarakat menyambut pencanangan sangat tinggi, Ini terlihat  dari semangat gotong royong dari warga dalam persiapan. Mulai dari pembuatan tugu , panggung dan tenda .

Bahkan tidak lupa ,atraksi silat dalam menyambut tamu,  dengan diiringi musik tradisional dan  tari persembahan disuguhkan untuk memeriahkan suasana.

Kepala Desa Mekar Jaya sebagai tuan rumah,  berharap, dengan adanya   kampung KB, pembangunan  infrastruktur desa mekar jaya dan pian tengah bisa di percepat.

Sebab,  akses jalan, dan jembatan  patah/putus, serta sinyal HP, kurang baik, menjadi kendala selama ini.

Sementara  Kepala Bidang Dalduk KS Dari BKKBN Perwakilan Kepulauan Riau, Lubis, S.E.mengatakan,
Pembangunan Kampung KB memang perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, karena kampung KB bukan hanya milik OPD,  perlu sinergitas dalam mempercepat pembangunan , baik infrastruktur maupun pembangunan manusianya.
Ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam proyek kampung KB ini. Pembentukan pokja kampung KB ,akan dipimpin langsung oleh kepala desa,

Pembinaan Pokja kampung KB dan penyusunan program kerja kampung KB , berbasis data. Musyawarah Masyarakat Desa untuk mendapatkan tanggapan dan sebagai wadah sosialisasi terhadap program kerja .  Lokmin secara berkala untuk evaluasi program kerja kampung KB dan hambatan yang akan dicarikan solusinya secara bersama sama.

Kampung KB bukanlah reward terhadap pencapaian program KB, tapi bentuk support untuk meningkatkan cakupan dari program KKBPK. Misalnya program tribina  Keluarga Balita, Bila cakupannya masih rendah maka dengan adanya kampung KB, harapan masyarakat lebih semangat untuk mengikuti program BKB.

Dari pokja pun akan bergerak bersama untuk meningkatkan cakupan kegiatan tersebut, begitu juga kualitas kegiatan perlu didukung dengan fasilitas seperti APE dan BKB KIT, juga anggaran kegiatan BKB dilaksanakan secara rutin setiap bulan.

Program Pembangunan Keluarga,  agar keluarga memahami dan melaksanakan 8 Fungsi Keluarga, meliputi,  agama, cinta kasih, sosial budaya, pendidikan dan sosialisasi, Ekonomi, Kesehatan dan Reproduksi, Perlindungan dan Lingkungan.

Dengan adanya kampung KB keluarga  bisa saling mendukung ,dengan cara bersama sama  melaksanakan program di 8 sektor tersebut, dan didukung oleh instansi dan organisasi  terkait.

Kegiatan siskamling untuk melaksanakan fungsi perlindungan, gotong royong pada hari tertentu sebagai  fungsi lingkungan, penyuluhan dari disnaker dan kesehatan untuk masyarakat yang mempunyai usaha,  agar mendapatkan legalitas, sebagai fungsi ekonomi .

Beberapa desa , sangat aktif Kampung KB nya ,menjadi ramai dengan kegiatan bersifat swadaya.Para pemuda bisa dilakukan pertandingan bola volley .sehingga terjalin rasa kebersamaan.

Kesimpulannya, Kampung KB bukan fokus kepada kontrasepsi atau penjarangan kehamilan. Sebagaimana namanya Keluarga Berencana tujuannya agar di kampung KB para keluarga mempunyai perencanaan yang baik untuk menyiapkan generasi emas dan berkualitas sehingga masa depan keluarga bisa menjadi lebih baik./Roy.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.