MASALAH SEPELE, KADES KADUS WARUNGPRING KEBINGUNGAN

PEMALANG JATENG, [MR] – Kepala Desa Warungpring M.Yusuf dan Kepala Dusun Agus Muslim diduga saling lempar tanggung jawab. Pasalnya, Siti seorang warga Dusun Pamulian mencoba beberapa kali mengadukan perihal ayam ternak tetangganya yang hampir setiap hari masuk ke dalam rumahnya, beberapa waktu lalu.
“Kami merasa terganggu dengan ayam yang hampir setiap hari masuk ke dalam rumah, sampai mau kekamar juga”. Ungkapnya, dengan nada kecewa. Ternyata, hal ini sudah berlangsung sudah cukup lama. Beberapa bulan yang lalu Siti mengadukan perihal tersebut ke pihak Desa.
Ironisnya, diduga pihak Desa menganggap sepele aduan tersebut. Mulai dari Kades memerintahkan ke Kadus, kemudian Kadus menyarankan agar ke ketua RT. Hal ini terkesan saling lempar tanggung jawab.
“Ya nanti pak Kadus saya suruh kesitu”. Jawab M.Yusuf melalui telpon selulernya. Kemudian Agus Muslim menyarankan lagi ke ketua RT.
“Ngapunten mas, kemaren saja kan sudah ada tindak lanjut dari kami, kalau memang itu dirasa kurang cukup coba koordinasi dengan RT setempat”. Jawabnya pula melalui telepon seluler. Sayangnya, hingga berita ini terbit, pihak pemdes belum datang kerumah Siti, seperti yang dijanjikan Kades.
Perlu diketahui, beberapa bulan yang lalu masalah ini sudah pernah ditangani oleh pihak Desa. Namun sayangnya, diduga aduan Siti sebagai warga dianggap masalah yang sangat sepele. Saat itu, ada yang datang ke rumah Siti yang merasa sebagai pemilik ayam, dan terjadi perbincangan ringan. Namun, hingga saat ini ayam tersebut tetap dibiarkan lepas dari kandangnya.
Menurut keluarga Siti, mereka para pemilik ayam sepertinya tidak merasakan risih, ketika ayam tersebut meninggalkan kotoran dirumah orang lain, yang bagi keluarga Siti sangat merepotkan dan meninggalkan bau yang tak sedap.
Bila ditilik dari segi hukum baik agama ataupun negara, masalah tersebut tidak bisa dianggap remeh. Dan yang jelas, hewan pun tidak bisa serta merta disalahkan. Jadi, kalau begitu siapa yang patut disalahkan dan diminta pertanggungjawaban dalam kasus ini…?? [SA.1\BR]

 2,283 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.