KUNJUNGAN PENELITIAN MAHASISWA PROGRAM DOKTOR BAHASA INGGRIS DARI CDU AUSTRALIA KE MTSN 1 KEDIRI

Kediri, (MR) – Sebuah peristiwa yang membanggakan bagi MTsN 1 Kediri yakni dipilih oleh ibu Imro’atul Hasanah, M.Pd sebagai tempat untuk menyeleaikan program Doctoral (PhD) nya dari Charles Darwin University (CDU) Australia.

Bu Im adalah Dosen Tadris Bahasa Inggris IAIN Kediri yang mendapat beasiswa Doctoral (PhD) dari CDU Australia dan akan menyelesaikan tugas akhir Doctoralnya dengan membuat aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris berbasis android yang bisa di akses melalui HP.

Aplikasi ini berisi materi-materi di tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah yang sudah sesuai dengan kurikulum merdeka, termasuk mencakup materi kemampuan mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara.

Puncak penelitian itu sendiri, yakni pada hari ini, Senin, 25 Maret 2024 yang dimana dua Dosen pembimbingnya datang langsung dari Australia ke MTsN 1 Kediri, yakni Dr. Jon Mason dan Dr. Betty Noad.

Mereka tiba di MTsN 1 Kediri pukul 08.00 WIB dan langsung disambut oleh Bapak Kepala Madrasah, Muhammad Zainuddin, S.Pd, M.Pd.I, Ibu Waka Kurikulum, Sugiarti, M.Pd.I, Ibu Waka Kesiswaan, Siti Nur Faida, M.Pd.I, Bapak Waka Humas, Slamet Fauzi, S.Pd, Bapak Waka Sarpras, Achmad Khauri Zam Zami, S.Pd.I serta Ibu Laily Mar’atul Khotimah, M.Pd dan Bapak Hendrik Budi Setiawan, S.Pd.I, sebagai Guru pendamping penelitian di kelas.

Bapak Zainuddin(Kamad) berkata,”Kami berterima kasih kepada Ibu Im, Pak Jon, dan Bu Betty yang telah hadir di MTsN 1 Kediri untuk mengadakan penelitian dan membantu mengembangkan pembelajaran Bahasa Inggris, kami berharap akan memberikan efek positif pada anak-anak untuk bertambah semangat belajar Bahasa Inggris dan bisa belajar sampai ke Australia,” tuturnya.

Setelah bericara dan sharing pendapat di ruang transit, tim langsung menuju ke kelas yang digunakan untuk penelitian, yakni kelas 9F, 8A, 7A. Bu Im dan dosen pembimbing yang hadir cukup puas dan bangga melihat bahwa anak-anak MTsN 1 Kediri sangat antusias dan dengan mudah menggunakan aplikasi yang diberikan.

Memang benar sesuai kenyataan di lapangan bahwa aplikasi belajar Bahasa Inggris yang dibuat oleh Bu Im sangat bermanfaat dan komplit untuk bisa digunakan sebagai media pembelajaran.

Dimulai dari materi yang berupa video, teks-teks literasi dan diakhiri dengan latihan soal yang kompleks seperti short answer, vocabularies guessing hingga arranging text berdasarkan tema yang dibahas.

Pak Jon dan Bu Bety sebagai dosen pembimbing juga sangat puas dengan hasil kunjungan penelitiannya di MTsN 1 Kediri karena aplikasinya bisa dijalankan dengan baik oleh siswa-siswi MTsN 1 Kediri. (Hen/Tim Warta MTsN 1 Kediri)

Loading

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.