Kompetensi Keahlian SMK Negeri 1 Cilimus Memiliki Prospek Cerah Didunia Pariwisata

Kuningan, (MR)
SMKN 1 Cilimus merupakan salah satu sekolah negeri kejuruan yang berada di jalan Baru Caracas-Cilimus Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan. Sesuai dengan Visi/Misi sekolah yaitu, Menjadi Lembaga pendidikan yang mampu menghasilkan SDM yang cerdas, terampil, kreatif, produktif, kompetitif yang tetap memperhatikan lingkungan serta berlandaskan Iman dan Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Ternyata SMKN 1 Cilimus merupakan salah satu sekolah kejuruan yang berbasis pariwisata. Hal inilah yang menjadi pembeda sekolah ini dengan sekolah lain pada umumnya, dimana sebagian besar berbasis industri otomotif kendaraan.
Ada 5 (lima) Kompetensi Keahlian yang ada di SMKN 1 Cilimus Kabupaten Kuningan, antara lain: PERHOTELAN, dengan prospek kejuruan, Receptionist, Telepon Operator, Reservation, Doorman, Room Attendant, Order Taker, dll; BISNIS DARING DAN PEMASARAN, dengan prospek kejuruan, Staf Marketing & Administrasi Perusahaan, Pramuniaga Toserba & Mall, Operator Mesin, Wirausaha Kecil dan Menengah, Bisnis Online dll; TATA BOGA dengan prospek kejuruan, Ahli mengolah makanan Indonesia, Eropa dan Asia, Analisa Gizi makanan, Chep restaurant dan hotel, dll; OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN, dengan prospek kejuruan, Staf administrasi, Sekretaris dan Resepsionis kantor dan perusahaan, Operator mesin kantor dan komputer, Publik Relation ; USAHA PERJALANAN WISATA, dengan propek kejuruan, Pramuwisata (Tour Guide), Perecanaan Wisata (Tour Planning), Staf Resevasi & Ticketing. Bagi lulusan SMP/ MTs sedrajat yang ingin mendaftar di SMKN 1 Cilimus bisa menempuh jalur Prestasi Akademik, Jalur Prestasi Non Akademik dan Jalur Reguler.
Menurut Kepala SMKN 1 Cilimus yang baru dilantik 20 Maret 2018, Didin, S.Pd, M.Pd saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (26/3/2018), lulusan siswa SMKN 1 Cilimus sangat memiliki prospek yang cukup menjanjikan di dunia pariwisata. Sebagaimana kita ketahui, pemerintah daerah kabupaten Kuningan sendiri baru-baru ini
mendeklarasikan diri sebagai Kabupaten Pariwisata.
Ketika pemda Kuningan dengan gencarnya mengadakan promosi pariwisata yang ada di kabupaten Kuningan, SMKN 1 Cilimus menyambutnya dengan siap mencetak lulusan berkualitas di bidang pariwisata. Dukungan terhadap SMK pariwisata saat ini tidak hanya datang dari pemkab setempat tetapi juga daari provinsi dan pusat melalui Dirjen Pembinaan SMK yang sudah mulai banyak menghadirkan program untuk SMK yang berbasis pariwisata.
Ditambahkan Didin, untuk urusan prestasi, SMKN 1 Cilimus berhasil melahirkan beberapa prestasi antara lain, Juara 2 Tapak Suci Tingkat Jawa Barat, Juara Umum ke 3 Tapak Suci se-kabupaten Kuningan, Juara 1 Pesilat Terbaik Tingkat SLTA se-kabupaten Kuningan, Juara 3 SOCK (Scout Outbond Competition Kuningan) se-kabupaten Kuningan, Juara 1 Photografi Se-wilayah III Cirebon,  Juara Pavorit Vavo Top Model se-wilayah III Cirebon, Juara 2 Lomba Kebersihan Lingkungan Sekolah se-kecamatan Cilimus.
“Saya berharap, semua lulusan SMKN 1 Cilimus bisa berperan aktif dalam pengembangan dan kemajuan peariwisata kabupaten Kuningan khususnya, dan Indonesia pada umumnya”, pungkas mantan Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Kuningan. >>Irwan

Loading

Related posts