Besok, Senin Kades Kalang Dohong Siap Salurkan BLT DD Langsung Untuk 3 Bulan Bagi 62 KK Di 2 RT

Murung Raya, (MR) – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari transfer Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2020 menjadi salah satu solusi yang tepat serta wujud perhatian Pemerintah Pusat dalam penanggulangan dampak pandemic COVID-19. Dengan adanya Bantuan Langsung Tunai (BLT) diyakini akan semakin memperkuat peranan Pemerintah hingga di tingkat desa.

Besok, tepatnya Senin (08/06/2020) mulai pagi sampai selesai melalui Peraturan Kepala Desa (Perkades) Kalang Dohong Nomor 03 Tahun 2020. Pemerintah Desa (Pemdes) Kalang Dohong Kecamatan Laung Tuhup (Latup) Kabupaten Murung Raya (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), dipimpin langsung oleh Kepala Desa Kalang Dohong, Ahmad Sariadi, selaku Ketua Tim Relawan Penanganan COVID-19 Desa Kalang Dohong siap menyalurkan Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) kepada 62 (enam puluh dua) Kepala Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan nilai Rp.1.800.000,-(satu juta delapan ratus ribu rupiah) sekaligus untuk 3 (tiga) bulan berturut-turut yaitu bulan April, Mei dan Juni.

Menurut Ahmad Sariadi, selaku Kepala Desa Kalang Dohong Kecamatan Laung Tuhup, mengatakan kepada Media Rakyat, Jumat (05/06/2020) bertempat dikediamannya mengatakan, kenapa Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Kalang Dohong langsung disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima pada, Senin (08/06/2020) itu dikarenakan setelah melakukan Musyawarah Desa (Musdes) terkait dengan penetapan jumlah KK penerima dan perhitungan jumlah dana yang diterima sebesar 15 persen. Ternyata mampu sekaligus langsung untuk 3 bulan dalam penyaluran BLT DD tersebut.

“Kami Pemdes Kalang Dohong telah menyebarkan undangan mulai per tanggal 05 juni 2020 perihal kegiatan penyaluran BLT DD pada senin besok yang ditujukan kepada pihak DPMD Kab. Mura, Pemerintah Kecamatan Laung Tuhup, Bhabinsa, Bhabinkantibnas, Pendamping Desa Tingkat Kecamatan serta Pendamping Lokal Desa dan sangat mengharapkan kehadirannya di dalam kegiatan tersebut demi tegaknya tranparansi didalam penyalurannya,” jelas Ahmad Sariadi.

Untuk teknis penyalurannya, sesuai anjuran pemerintah dan mengikuti protokol kesehatan RI tetap disalurkan melalui rumah ke rumah, tambahnya.

Dari pendataan yang dilakukan tim relawan ada sebanyak 62 (enam puluh dua) Kepala Keluarga (KK) yang telah memenuhi krateria sesuai Permendes Nomor 6 Tahun 2020. Jumlah penerima BLT tersebut telah di musyawarahkan bersama di tingkat desa serta ditetapkan oleh Pemdes melalui Kades lalu data KK penerima BLT tersebut dikirim lagi ke Kecamatan untuk mendapatkan pengesahan dari Camat baru dilakukan penyaluran.

“Saya berharap selaku Kepala Desa dan pribadi serta Pemerintah Desa, bantuan BLT DD tersebut agar benar-benar bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi di rumah tangga untuk beberapa bulan ke depan sampai dampak COVID-19 ini dinyatakan normal kembali,” tutup Ahmad Sariadi. (Firman Silam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.