Banjir Bandang 2 Kabupaten, Tatong: Siap berkoordinasi Untuk Membantu Apa Saja yang Dibutuhkan

Kotamobagu, (MR) – Banjir bandang terjadi akibat curah hujan tinggi yang terjadi berturut-turut sepekan kemarin hingga hari ini di wilayah tersebut. Akibatnya, aktivitas lalu lintas lumpuh total.

Jalan Utama Penghubung Kabupaten Bolmong dan Kabupaten Bolsel saat ini putus total dan akibat amblasnya jembatan yang berada di jalan AKD Desa Kosio Kecamatan Dumoga Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Provinsi Sulawesi Utara mengakibatkan satu kecamatan terendam air dan putusnya jembatan penghubung Kabupaten Bolsel.

Saat ini upaya yang sudah dilakukan BPBD Bolmong yakni berkoordinasi dengan Balai Jalan Nasional Wilayah Sulut untuk tindak lanjut penanganan.

Sementara personil TRC BPBD Bolmong masih melakukan assessment di lapangan. Sebagai informasi awal bahwa berdasarkan Pantauan sementara, terdapat tiga Kecamatan yang terdampak Banjir.

Kecamatan Dumoga Barat, banjir merendam Desa Ikhwan, Desa Doloduo dan Desa Doloduo II. Di️ Kecamatan Dumoga Tengah banjir di Desa Kosio Induk dan Desa Kosio Barat, sedangkan untuk Kecamatan Dumoga Utara banjir melanda Desa Dondomon, Dondomon Selatan dan Desa Dondomon Utara.

“Kendala yang dihadapi saat ini akses untuk menuju Kecamatan Dumoga Barat putus total, sedangkan wilayah Dumoga Utara debit air masih sangat tinggi,” pungkas Abdul Muin.

Pemerintah dan masyarakat Kota Kotamobagu turut prihatin dengan kejadian bencana alam yang melanda di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dan Bolaang Mongondow (Bolmong).

“Saya atas nama pemerintah dan masyarakat, sangat prihatin dan atas bencana alam yang menimpa 2 kabupaten saudara kita,” jelas Tatong Bara Wali Kota Kotamobagu, Senin (27/7/2020).

Beliau mengatakan, sejak kejadian pertama, Pemerintah kota Kotamobagu telah menggalang bantuan dari tiap SKPD.

“Sudah terkumpul lumayan banyak. Nanti kita semua akan berkoordinasi, kebutuhan apa saja yang sangat dibutuhkan,”ujarnya.

Untuk saat ini beliau mengatakan, telah mengirim orang ke sana untuk mengidentifikasi kondisi di sana, untuk melihat apa saja yang dibutuhkan.

“Saya telah mengirim orang untuk melihat langsung kondisi disana untuk melihat apa saja yang sangat dibutuhkan,”tambahnya.

Beliau juga menyampaikan salam dari kami Kotamobagu.

“InsyaAllah masyarakat di sana kuat menghadapi bencana yang sedang mereka rasakan saat ini, jaga selalu lingkungan, InsyaAllah bencana ini cepat berlalu,”harapnya. (Neni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.