Waduh Kesepakatan SPP Rp 100 per Bulan

BANYUWANGI,Mediarakyatnews.com: Rapat komite di SMAN 1 Glenmore, yang membahas tentang rencana pembiayaan sekolah di sepakati biaya SPP sebesar 100 ribu perbulan.

Sebelumnya dikutip dari beberapa media, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa mengatakan bahwa SPP untuk SMA dan SMK Negeri Gratis.

Khofifah pun meminta kepada sekolah untuk tidak melakukan pungutan kepada siswa, khususnya peserta didik baru dalam bentuk dan nama apapun.

“program SPP gratis inj sudah berjalan sejak 2019 lalu, jadi sekolah tidak di perkenankan memungut Rupiah sepeserpun dari siawa, semua gratis, seluruh jatim,” ungkap Khofifah di gedung negara Grahadi.

Khofifah juga mengatakan, pengganti SPP untuk SMA dan SMK Negeri di Jawa Timur dapat dioptimalkan dari penggunaan dana BOS (Biaya Operasional Sekolah) dan dana APBD Provinsi Jawa Timur dalam bentuk BPOPP (Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan) Tahun Anggaran 2020.

Sementara untuk SMA/SMK swasta, Pemprov hanya memberikan subsidi khusus, sehingga tidak akan digratiskan secara penuh.

“Lewat program gratis SPP ini, saya ingin meringankan beban masyarakat sekaligus meminimalisir jumlah anak putus sekolah di Jatim. InsyaAllah, jumlahnya tereduksi setiap tahunnya,” tuturnya.

Khofifah menghimbau masyarakat agar melaporkan ke Dinas Pendidikan setempat jika menemui pelanggaran yang dilakukan sekolah terkait SPP tersebut.

Terkait proses belajar mengajar, Khofifah mengatakan rencananya kegiatan belajar mengajar di Jatim akan dimulai pada 13 Juli mendatang. Semua proses belajar mengajar akan dilaksanakan secara daring (online).

Khofifah berharap seluruh insan pendidikan tetap menjaga optimisme dan semangat selama proses pendidikan meski harus dilakukan secara online.

“Kita sama-sama terus berdoa agar situasi darurat Covid-19 ini bisa segera berlalu dan aktivitas belajar mengajar bisa berlangsung seperti sedia kala,” imbuhnya.

Dalam Sambutannya Ketua Komite SMAN 1 Glenmore, Khafifah, menjelaskan bahwa telah di sepakati bahwa SPP sebesar 100 ribu

“tadi sudah kita sepakati ya bahwa SPP perbulan sebesar 100ribu, dan biaya pengembangan pembangunan itu berkisar antara satu juta sampai satu juta setengah.” jelasnya dalam sambutan.

sementara menurut kepala Sekolah SMAN 1 Glenmore, Moh Rifai.Mpd, mengatakan bahwa pembiayaan SPP di sepakati jika BPPOPP di hentikan

“benar jika SPP disini disepakati dengan komite bersama wali murid sebesar 100ribu, itu kami jelaskan jika BPOPP dari pemerintah provinsi berhenti, namun jika BPOPP itu berlanjut maka kami akan kembalikan semula, seperti yang sudah berjalan.” jelasnya

Rifai juga menjelaskan pengertian Gratis Dalam SPP itu jika Di sekolah tersebut kebutuhan siswa di bawah dari banruan yang di berikan dari pemerintah

“pengertian gratis itu jika biaya yang di butuhkan persiswa di setiap bulannya minimal sama atau di bawah dari bantuan dari pemerintah, namun jika kebutuhan siswa itu diatas bantuan dari pemerintah maka sisa dari bantuan itu menjadi tanggungan siswa, dan itupun berdasarkan kesepakatan dengan walimurid dan komite, semebtara kebutuhan siswa kita rata rata di sekolah SMA N di kabupaten Banyuwangi ini di atas bantuan dari pemerintah.” jelas Rifai (HR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.