TEROBOSAN PGRI KOTA TERNATE BUAT KREASI PEMBELAJARAN DI MASA COVID

Pembelajaran Jarak Jauh ,PJJ di masa covid yang diberlakukan di akhir april sampai akhir november 2020 dalam amatan PGRI Kota Ternate ternyata belum memberi hasil maksimal .

Diwawancarai awak Media rakyat news com ,pengurus PGRI Kota Ternate ,Sarjuga SP.D menjelaskan kendala tersebut berupa belum adanya pemetaan penguasaan guru terhadap IT pembelajaran .Selain itu juga belum adanya desain pembelajaran yang relevan dengan situasi civic dan sarana atau fasilitas HP Android siswa yang sangat terbatas .

Menyikapi masalah tersebut PGRI akhirnya membuat beberapa terobosan diantaranya pembelajaran lewat RRI ,membuat diklat desain Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) yang diikuti oleh seluruh guru di tingkat satuan pendidikan SD dan SMP se kota Ternate dan mencoba mengkolaborasi pembelajaran lewat TV kabel lokal yang disponsori oleh Depdenhubrem .

” Terobosan tersebut memberi hasil yang positif ,pembelajaran melalui RRI dan TV kabel berjalan sesuai yang direncanakan yakni dtayangkan secara bergiliran di masing masing kecamatan , juga pembelajaran PJJ di sekolah berjalan lancar sesuai kemampuan desain pembelajaran yang dilakukan oleh guru misalnya melalui vidio pembelajaran yang dikirim ke siswa . Selain itu hasil pembelajaran melalui nilai raport adalah rata rata diatas Kriteria Ketuntasan Minimal .( KKM ) ” . Jelas Sarjuga dalam kapasitasnya sebagai ketua tiga PGRI Kota Ternate .

Sekalipun dengan situasi covid ,Sarjuga menilai ada sisi keuntungannya juga . ” Guru guru akhirnya bisa belajar dan bisa memahami dan mengaplikasikan IT dalam pembelajaran ketimbang harus tidak tahu sama sekali” pungkasnya . Ia berharap dalam kegiatan pembelajaran disekolah hendaknya senantiasa turuti dengan aturan protap kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran covid 19 . ( ATENG MRC )

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.