Ribuan Peserta Hadiri Nusantara Bersatu Di Kabupaten OKI

Kayuagung, (MR)
Ribuan peserta nusantara bersatu yang hadir dari berbagai wilayah di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), terbakar semangat nasionalismenya saat mendengarkan orasi yang disampaikan oleh Bupati OKI, H Iskandar SE.

Orasi tersebut disampaikan oleh Iskandar SE saat usai menggelar apel nusantara bersatu, yang dipusatkan di gedung olahraga (GOR) Biduk Kajang Kayuagung, belum lama ini

Pantauan wartawan dilokasi GOR Biduk Kajang Kayuagung, Bupati OKI H Iskandar SE mendapat kesempatan terakhir untuk menyampaikan orasinya. Dalam kesempatan terakhir tersebut, H Iskandar SE berhasil menggelorakan semangat nasionalisme peserta yang hadir.

Pada acara yang digelar serentak se-Indonesia ini, H Iskandar SE dengan menggebu membangkitkan semangat kebhinekaan para peserta. “Kebhinekaan adalah modal pembangunan mari kita jaga,” pungkasnya seraya disambut gemuruh tepuk tangan dari ribuan peserta yang hadir.

Diakhir orasi, Iskandar mengajak peserta apel untuk berdiri dan mengucap janji “Jika ada 1.000 orang yang memperjuangkan kebaikan, maka pastikan aku 1 darinya, Jika ada 100 orang yang memperjuangkan kebaikan maka pastikan aku 1 darinya. Jika hanya ada 1 orang memperjuangkan kebaikan, maka pastikan dan saksikan, itu adalah aku” sontak gemuruh tepuk tangan pun bergelora didalam GOR Biduk Kajang Kayuagung.

Sebelumnya pada acara tersebut, sejumlah tokoh juga berorasi menyampaikan pandangannya soal kebinekaan dan kebangsaan Indonesia. Orasi diawali oleh Dandim 0402 OKI, Letkol. Kav. Dwi Irbaya Sandra, Kapolres OKI, Ketua Kajari, Ketua Pengadilan Agama, Ketua DPRD, Ketua MUI Kab. OKI, H. Daud Denin, Tokoh Pemuda, M. Nur Mu’in serta Bupati OKI, H. Iskandar, SE.

Para tokoh diberi kesempatan untuk menyampaikan orasi kebangsaan di tribun kehormatan. Selain orasi kebangsaan, apel nusantara bersatu juga di isi dengan pembacaan puisi oleh berbagai elemen masyarakat, hiburan kesenian rakyat dan ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh masing-masing pemuka agama Islam, Kristen, Hindu dan Budha.

“Apel nusantara bersatu di Kabupaten OKI sendiri ditujukan untuk membangkitkan semangat dan jiwa nasionalisme Indonesia.

Apel juga sebagai wahana komunikasi antar komponen bangsa, serta lapisan masyarakat. Oleh karenanya, sebagai tanda persatuan bangsa Indonesia seluruh peserta memasang ikat kepala merah putih,” ujar Tobroni salah satu peserta nusantara bersatu ketika diwawancara. >>Ipan

Loading

Related posts