Puskesmas Bahari Berkesan Kota Ternate Laksanakan Imunisasi Campak Dan Rubella

Ternate, (MR)
Imunisasi campak dan rubella yang pelaksanaannya secara nasional dimulai Agustus hingga September telah dilaksanakan pula oleh Puskesmas Bahari Berkesan Kota Ternate.
Puskesmas yang didirikan pada 2015 dan diresmikan pada 2017 oleh Walikota Ternate Dr. Hi. Burhan Abdurrahman, MM., memiliki wilayah  kerja di 6 Kelurahan yang meliputi Kelurahan Tubo, Tafure, Tabam, Sango, Tarau dan Akehuda.
Diwawancarai Media Rakyat Perwakilan Maluku Utara, Kepala Puskesmas Bahari Berkesan Hj. Rehawati Wahab, SKM, M.Kes, menuturkan gerakan imunisasi campak dan rubella, ini terkait dengan program nasional Kementerian Kesehatan dengan sasaran Indonesia bebas campak dan rubella pada tahun 2020 nanti. Menurut Rehawati, khusus untuk Puskesmas Bahari Berkesan, sampai saat ini pelaksanaannya sudah 90% selesai.
“Kita tidak mendapat kendala dalam kegiatan ini, dan jelang imunisasi sudah kita lakukan sosialisasi melalui media cetak, spanduk, baliho. Tanggapan masyarakat juga positif, sementara sasaran pelaksanaan kegiatan ini adalah anak-anak usia 9 bulan sampai 15 tahun. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini, menyerang saluran pernapasan yang bisa berdampak kematian, olehnya itu sasaran kita langsung ke sekolah terutama PAUD, SD dan SMP sedangkan Bayi/Balita, kita lakukan imunisasi langsung ke Posyandu dan turun langsung ke masyarakat,” jelas Rehawati.
Ia berharap pola prilaku hidup sehat perlu diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat. Upaya ini sesungguhnya butuh kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. “Sebaiknya perlu mencegah sebelum datangnya penyakit,” tegasnya.
Untuk memberikan edukasi, pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya campak dan rubella, petugas kesehatan Puskesmas Bahari Berkesan, senantiasa turun melakukan penyuluhan tentang pentingnya kesehatan termasuk dampak dari penyakit tersebut.
Setahun setelah diresmikan Puskesmas Bahari Berkesan yang beralamat di Kelurahan Tarau, Kecamatan Kota Ternate Utara, telah memiliki 2 orang dokter umum, juga dibantu dengan tenaga apoteker, gizi, analis dan promkes.
“Kita masih melayani rawat jalan, Insya Allah, kedepan Pemkot akan menambah fasilitas dan sarana pendukung lainnya, tenaga medis dan paramedis juga akan ditambah. Aspek pelayanannya dari waktu ke waktu akan terus ditingkatkan dan harapan saya semoga masyarakat dalam wialayh puskesmas ini dapat memanfaatkan pusat layanan kesehatan masyarakat ini secara baik demi terwujudnya masyarakat Ternate sehat,” ungkap Hj. Rehawati. >>Ateng

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.