Sunday, 18/11/2018 | 12:17 UTC+7
Media Rakyat

PLN Padam Genset Rusak Pelayanan Dukcapil Macet

Bintuni, (MR) – Sejak hari Senin (6/11) lalu genset yang selama ini digunakan untuk menghidupkan server data kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil) mengalami kerusakan sehingga server data tersebut tidak bisa dihidupkan untuk menjalankan aplikasi server. Akibatnya pelayanan Dinas Administrasi Dukcapil kabupaten Teluk Bintuni untuk melayani masyarakat dalam pengurusan dokumen-dokumen kependudukan dan pencatatan sipil sementara tidak bisa dijalankan sampai adanya genset baru yang mampu mengaktifkan server.

Mesin genset untuk mengangkat daya server data Dukcapil sudah 7 tahun lamanya dioperasikan dan sampai sekarang belum pernah diganti meskipun sudah berkali-kali kami servis genset server data itu tidak mampu mengangkat daya server dan sarana Dukcapil lainnya tetapi hanya mampu menyalakan lampu saja. Kami sudah mengajukan beberapa kali dalam rencana kerja anggaran (RKA) Dinas Administrasi Dukcapil untuk pembelian genset server baru namun tidak mendapat tanggapan oleh tim anggaran ataupun pihak-pihak terkait.

Disamping itu kami juga sudah mengkonfirmasikan masalah genset server tersebut kepada Wakil Bupati Matret Kokop bahwa untuk sementara pelayanan di dinas Dukcapil untuk sementara tidak bisa berjalan untuk melayani masyarakat karena genset server kami tersebut dalam kondisi rusak parah.  Selain itu kami juga sudah sampaikan masalah genset yang rusak ini kepada anggota DPRD Teluk Bintuni untuk mendorong dimasukkannya anggaran genset ini dalam APBD sebab masyarakat yang mengurus dokumen Dukcapil selama ini cukup tinggi yang menyebabkan kami harus selalu berada di kantor untuk memberikan pelayanan,” ungkap Sekretaris Dinas Administrasi Dukcapil kabupaten Teluk Bintuni Drs.H. Badaruddin,M.si Kamis (9/11).

Dikatakan bahwa listrik PLN ketika menyala di kantor dinas Dukcapil itu tidak stabil yang menyebabkan sarana kerja penunjang kami menjadi korban atau rusak seperti mesin foto copy, printer dan alat-alat lainnya. Sedangkan untuk memaksakan server data menyala kami tidak berani sebab dikuatirkan server juga bisa rusak dan data Dukcapil se kabupaten Teluk  Bintuni ini bisa hilang dan siapa yang akan bertanggung jawab.

Sedangkan yang bisa kami lakukan saat ini yaitu hanya melayani masyarakat yang mau mengambil kartu keluarga dan KTP mereka yang sudah dicetak atau jadi. Tetapi untuk pelayanan aktivasi, rekaman serta mencetak KTP dan dokumen Dukcapil lainnya tidak bisa kami lakukan disebabkan tidak adanya daya listrik akibat genset server mengalami kerusakan.

Terkait hal tersebut kami mohon DPRD maupun Pemda Teluk Bintuni untuk melihat dan memberikan dukungan agar kami bisa melakukan pengadaan genset sehingga pekerjaan kami bisa berjalan melayani masyarakat. Meski pun usulan-usulan kami yang lain seperti speed, bus untuk angkutan pegawai Dinas Dukcapil yang sudah kami usulkan beberapa tahun lalu belum juga terialisasi padahal apa yang kami usulkan itu sangat penting bagi kami untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Namun pertanyaan kami kenapa dinas lain bisa sedangkan dinas kami tidak bisa sehingga kami mohon DPRD dan Pemda Teluk Bintuni bisa mempertimbangkan itu agar kami bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” imbuhnya.

Badaruddin juga menuturkan bahwa saat pelayanan tidak berjalan di kantor Dinas Dukcapil pada hari Senin (6/11) ada beberapa masyarakat mendatangi kantor kami dan sedikit ribut. “Tetapi setelah kami memberikan penjelasan serta pemahaman yang baik kepada mereka terhadap apa yang kami alami akhirnya mereka paham dan kemudian tidak lagi ribut ataun pun mengkomplein kami “ ujarnya. >>HS

About

pembawa suara pembangunan bangsa

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.