Pertebal Rasa Kemanusiaan, Batalyon Komposit Garda Pati, Lakukan Giat Donor Darah.

 

Natuna(MR)- Komandan Batalyon (Danyon) Komposit I/Gardapati, Letkol Inf, Rahmat, S.E, M.Si, mengaku senang, karena dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat, di hari jadi Yon komposit Garda pati ke-2,. Kegiatan dilaksanakan di aula di Aula Gedung pertemuan Mako Yonkomposit, Jl. Gunung air makan Sepempang Kecamatan Bunguran Timur, Ranai, Natuna, Kepri, Selasa (04/08/2020)

Ia mengatakan, kegiatan donor darah, bukan semata-mata karena perayaan HUT Yonkomposit, namun sengaja diselenggarakan, guna mempertebal rasa perikemanusiaan dan tanggung jawab antar sesama manusia.

“Kegiatan donor darah, sebagai wujud rasa kemanusiaan dan kepedulian Batalyon komposit 1/ Gardapati serta untuk memenuhi stok ketersediaan PMI Cabang Natuna, dan RSUD Natuna di tengah pandemi Covid-19, sehingga dapat digunakan pasien di rumah sakit, termasuk pasien Covid-19. Ini untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pada situasi sulit seperti saat ini.” Ucap Danyon Konposit.

 

Lelaki berpangkat Bunga Dua itu, tidak sendirian, dia didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIX  Yon Komposit 1 PD I/ BB, Ibu. Erlina Rahmat, S.Sos, M.Acc.

Pelaksanaan donor darah, tetap memperhatikan protokol kesehatan, ditetapkan pemerintah di tengah pandemi Corona COVID-19. Pengecekan suhu, menjaga jarak anggota yang akan mendonorkan darahnya dan mengatur waktunya. Papar Letkol Inf, Rahmat, S.E, M.Si,

Ditengah wabah penyebaran  Covid-19, kebijakan social distancing serta physical distancing, akan mengurangi partisipasi masyarakat melakukan donor darah.

Oleh karena itu, upaya batalyon komposit 1/GP membantu PMI untuk menyediakan stok darah menjadi sangat penting, sehingga darah dikumpulkan, berguna bagi masyarakat yang membutuhkan.”

“Setetes darah sangat berarti untuk pertolongan jiwa manusia”. Karena pendonor yang tulus, tanpa membeda-bedakan keyakinan, warna kulit, tingkat pendidikan, sosial, agama dan perbedaan lainnya.

Tujuan pendonor darah,hanya untuk menyelamatkan jiwa orang lain. Ini manifestasi paling nyata, dari rasa kemanusiaan . Untuk itu, melalui kegiatan donor darah, saya mengharapkan adanya semangat dan kesadaran dalam diri kita masing-masing akan pentingnya persaudaraan dan saling tolong-menolong antar sesama manusia.

Diusia yang ke -2, Yonkomposit 1/Gardapati, mampu memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan negara. Semoga kegiatan seperti ini, dapat terus berlanjut, tali silahturahmi,dengan  masyarakat semakin meningkat.

Kegiatan ini, terlaksana bersama, prajurit Yonkomposit I/Gardapati dan persit kartika chandra kirana cabang XIX Yonkomposit 1/GP PD 1/BB, berserta PMI Natuna dan RSUD Ranai, menerjunkan 16 petugas Kesehatan.”

“Para petugas medis melakukan pemeriksaan tensi dan HB peserta sebelum melakukan donor darah, tercatat 54 orang memenuhi persyaratan donor darah, 40 prajurit, 10 orang dari persit dan 4 orang dari masyarakat sekitar.”

Sebanyak 54 kantong darah berhasil dikumpulkan. Kemudian akan diserahkan kepada Unit Transfusi Darah RSUD Ranai untuk memenuhi kebutuhan pasien sesuai jenis golongan darah.”

Hadir dalam kegiatan ini , Wakapolres Natuna Kompol Wisnu Edhi Sandono, SH, Kepala instalasi laboraturium RSUD Natuna , Dr. Mona.SP,PA, Para perwira staf, para Danki/Danrai, Danton, perwakilan anggota dari satuan kompi dan Baterai serta pengurus persit Chandra Kirana cabang XIX Yonkomposit 1/Gardapati PD 1/BB” dan masyarakat setempat./Roy.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.