Sunday, 18/11/2018 | 12:03 UTC+7
Media Rakyat

Pengelola dan Pemilik Rumah Makan Restoran Wajib Membayar Pajak 10%

Kediri, (MR)
Kerjasama, dan peran serta pengusaha Rumah Makan ,atau Restoran untuk wajib membayar pajak 10% , maka dari itu diharapkan bisa membantu kepada Pemerintah kabupaten Kediri guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sesuai dengan Dasar Hukumnya :
1. UU No 28 Th 2009 tentang pajak daerah. 2. Peraturan Daerah Kabupaten Kediri No 1 Th 2011 tentang pajak daerah sebagaimana telah diubah dengan peraturan daerah Kabupaten Kediri No 3 Th 2017. 3. Peraturan Bupati Kediri No 44 Th 2017 tentang juknis pemungutan Pajak Restoran.
Perlu diketahui bahwa pajak daerah adalah kontribusi wajib yang harus dibayar, karena sifatnya nemaksa berdasarkan UU dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung, dan digunakan untuk keperluan sebesar-besarnya bagi kemaknuran rakyat. Maka diharapkan kerjasama yang baik dari seluruh pengusaha rumah makan atau restoran,dll, karena pajak merupakan amanah UU mewajibkan membayar 10% seluruh yang ada di Kabupaten Kediri.
Adapun dasar pengenaan tarif pajak rumah makan, atau restoran : 1.Jumlah pembayaran yang diterima, atau yang seharusnya diterima restauran. 2.Tarif pajak restoran ditetapkan 10%. 3.Besaran pokoknya yang terutang dihitung dengan cara mengalikan tarif pajak dengan dasar pengenaan pajak.
Pajak restoran yang ditetapkan 10% bukan uang, tapi ditambahkan 10% dari harga normal sebagai contoh satu keluarga makan dengan jumlah biaya Rp 250.000 maka dikenakan pajak 10% dari jumlah makan minum dengan pegangan Rp 250.000 x 10% = 25.000.
Maka jumlah yang harus dibayar keluarga sebesar, atau pengunjung Rp 250.000 + 25.000= Rp 275.000. Jadi pajak 10% dibebankan pada Pengunjung. Jadi Pengusaha hanya membantu pemerintah menambahkan pajak 10% saja. Berbagai cara sudah ditempuh oleh Dispenda Kabupaten Kediri untuk menghimbau taat pajak melalui Media cetak, seponsor, baliho, mengadakan sosialisasi langsung.
Berikut nama, objek, subjek pajak, dan wajib pajak : 1. Dengan nama pajak restauran dipungut pajak atas setiap pelayanan yang disediakan oleh restoran. /2.Objek pajak Restoran adalah pelayanan yang disediakan oleh Restoran, termasuk rumah makan, Kagetaria, kantin, Depot, warung, Bar, dan sejenisnya termasuk jasa boga, katering./3.Pelayanan yang disediakan Restauran meliputi pelayanan penjualan makan minum yang dikonsumsi oleh pembeli baik ditempat pelayanan maupun ditempat lain./4.Subjek pajak Restauran adalah orang pribadi, atau badan yang membeli makan minum dari Restoran/5.Wajib pajak Restoran adalah orang pribadi, atau badan yang mengusahakan restauran. >Ags
About

pembawa suara pembangunan bangsa

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.