Pemerintah Siap Impor 300 Ribu Ekor Sapi

Jakarta, (MR)
Pemerintah akan mengimpor 300 ribu ekor sapi untuk mengatasi kelangkaan pasokan daging sapi dan menjaga stabilitas harga komoditas ini yang sekarang melambung tinggi di beberapa daerah.

“Untuk sisa tahun ini kita mungkin bisa impor 200 ribu-300 ribu ekor. Kami sepakat dan masih menjalankan prosesnya,” ujar Menteri Perdagangan Thomas Lembong di Jakarta, Selasa.

Thomas mengatakan impor ini adalah upaya pemerintah dalam memberantas ulah spekulan yang menahan pasokan sehingga komoditas menjadi melangka dan harga meninggi. Saya kira beliau punya strategi untuk pengembangan industri ini agar dalam jangka panjang sangat bagus. Tapi tentunya saya yang ditugaskan untuk menertibkan pasar,” kata dia.

Dia berjanji untuk berkoordinasi dengan Menteri Pertanian. Sejak Minggu (9/8), para pedagang daging sapi di sejumlah daerah di Indonesia menggelar aksi mogok akibat melonjaknya harga daging yang pada pascalebaran mencapai Rp110.000 per kg dan kini sudah menyentuh Rp120.000 per kg.

Sementara harga karkas (daging dan tulang) sudah mencapai Rp94.000 per kg, padahal sebelum Lebaran masih dipatok Rp86.000 per kg, dan saat kondisi normal hanya Rp80.000 per kg. >>Nok/ant

 74 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Related posts