Pemdes Sidowarek Kecamatan Plemahan Kediri Tuntaskan Pembangunan TPT untuk Tingkatkan Keberhasilan Pertanian

Kediri, (MR) – Pembangunan dan pemerataan insfrastruktur di desa menjadi komitmen Pemerintah Desa Sidowarek Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Salah satunya yang menjadi fokus saat ini dari beberapa titik pembangunan yang telah diselesaikan, yakni pembangunan infrastruktur penunjang yang berkaitan dengan program ketahanan pangan berkelanjutan.

Kepala Desa H.Koirul Anam mengatakan,”pembangunan infrastruktur di desa masih menjadi salah satu fokus kepemimpinan Kami. Dalam tahun ini 2024 Pemdes melakukan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) yang berlokasi persawahan di sebelah selatan kantor desa. Untuk anggaran bersumber dari APBN yaitu menggunakan anggaran Dana Desa (DD), dengan jumlah Rp.133.000.000,-(seratus tigapuluh tiga juta), panjang bangunan 270 meter, tinggi 1 meter, dan lebar 40,”ungkapnya.

“Selanjutnya fungsi lain dari TPT adalah untuk menguatkan jalan tani agar tidak longsor, juga untuk penguatan saluran irigasi di areal persawahan yang sangat vital bagi para petani. Pembangunan ini sudah selesai 100 persen, pengerjaan TPT seluruhnya dikerjakann/ dilaksanakan oleh Team Pelaksana Kegiatan (TPK) dan warga secara swakelola. Pada prinsipnya, seluruh kegiatan pembangunan desa Sidowarek dilakukan oleh masyarakat.”

Masih saat yang sama, menurutnya sebagian besar wilayah Desa Sidowarek merupakan lahan persawahan aktif yang masih sangat produktif.Sehingga, pembangunan infrastruktur penunjang pertanian ini diharapkan dapat membantu, serta meningkatkan perekonomian petani.

”Seluruh prioritas pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah desa Sidowarek utamya peruntukan utamanya memfasilitasi keperluan warga. Dengan infrastruktur yang baik, tentu hasil pertanian juga akan lebih maksimal,” pungkasnya. (Ag).

Loading

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.