Pembinaan Dalam Rangka Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa se-Kab Ciamis

H. Iing Syam Arifin selaku Bupati Ciamis sebagai pembuka acara dalam rangka pembinaan seluruh kepada kepala desa, camat se-kabupaten ciamisCiamis, (MR)
Belum lama ini Kabupaten Ciamis menggelar acara pembinaan kepada seluruh Camat, kepala desa se-Kabupaten Ciamis di hadiri oleh segenap unsur muspida, diantaranya  DPRD, Sekda, Kapolres, Dandim yang mewakilinya bertempat di islamic centre. Bupati Ciamis H. Iing Syam arifin, dalam sambutanya mengatakan, dalam rangka koordinasi penyelenggaraan pemerintahan desa, yang pertama menyampaikan ucapan terima kasih dan afresiasi yang pertama kepada ketua DPRD, Dandim, Kapolres, Kejari beserta jajarannya yang telah memberikan perhatian khusus kepada pemerintah desa agar mampu menyelenggarakan roda kepemerintahan berjalan dengan baik dan lancar, penyelenggaraan pemerintahan desa saat ini dihadapkan pada 2 hal yang sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan di lapangan.

Yang pertama yaitu perubahan regulasi per undang-undangan dengan di berlakukannya perubahan UU, Nomer 6 Tahun 2014 tentang Desa beserta peraturan pelaksanaanya dan yang kedua perubahan kelembagaan pusat yang menangani pemerintahan desa, dimana sebelumnya semua kebijakan di tangani oleh Kementerian dalam negeri, sekarang di tangani oleh dua kementrian yaitu, Kementerian dalam negeri dan Kementrian desa dan pembangunan daerah terpencil. Dua hal tersebut tersebut saat ini masih berproses dari asfek regulasi pemerintah menerbitkan dua pemerintahan 9 peraturan menteri yaitu 4 dari permendagri dan 5 dari Permendes dan pembangunan daerah tertinggal sesuai dengan amanat  amanan UU Tahun 2014 idealnya harus terdapat 9  peraturan pemerintah dan 31 peraturan menteri.

Demikian hal dari asfek kelembagaan masih terdapat tarik ulur antara Kementerian  untuk menangani Desa, di tingkat daerah, pemerintah daerah saat ini juga lagi menyusun peraturan Bupati dan membahas peraturan daerah bersama DPRD yang sangat strategis demi kelancaran pemerintahan desa seperti pengaturan pengelolaan keuangan desa, pengadaan barang dan jasa pengelolaan dana Desa pemilihan kepala desa serentak dan sebagainya, yang relevan dengan proses pelaksanaan pemerintahan desa, pemerintahan desa di Kabupaten Ciamis tidak boleh stagnan karena akan sangat berpengaruh terhadap pelayanan masarakat pembangunan, pemberdayaan masarakat serta pembinaan kemasarakatan demi kelangsungan pemerintahan desa pada tahun 2015.

Kita telah menerbitkan peraturan Bupati nomer 3 tahun 2015 tentang tata cara pengalokasian, dana desa yang mengatur tata cara untuk penghasilan kepala desa dan perangkatnya tunjangan BPD, dana intesif RT/RW iuran jaminan kesehatan honorarium babinsa dan babinkamtibmas biaya operasional desa serta kegiatan pemberdayaaan dan pembangunan desa.

Lebih lanjut H.iing syam arifin, menyampaikan Kabupaten Ciamis yang pertama kalinya penyalurkan Siltap yang pada intinya agar kepemerintahan desa berjalan dengan lancar khususnya dalam bentuk pelayanan masarakat, kita tidak ingin menimbulkan kontaproduktif dalam pelaksanaanya sehingga dapat menimbulkan permasalahan bagi desa di kemudian hari, menjelang di kucurkannya dana desa dari APBN dan berbagai bantuan keuangan lainya dari pemerintah pusat Provinsi dan Kabupaten.

Diharapkan nanti pada pelaksananya terhindar dari permasalahan yang dapat merugikan dan menjerat desa serta mampu memelihara kondusifitas di wilayah desanya masing masing, dan juga agar desa bisa menjaga dan meningkatkan kebersamaan baik secara internal dengan perangkat desa maupun secara exstrnal dengan BPD, LPM, RT, RW, tokoh masarakat dan komponen masarakat lainya, patuhi aturan yang telah ada, berkaitan dengan dana Desa yang bersumber dari APBN, dimana realisasinya berbeda dari rencana yang pernah kita dengar dahulu yaitu 1 milyar perdesa.

Perlu lebih lanjut kemasyarakat bahwa agar mereka mengetahui sehingga tidak menjadi beban pemerintah desa, 258 Desa se-Kabupaten Ciamis total jumlah dana sebesar 70 milyar, paling kecil jumlah nominal paling kecil uang per desa 600 juta, sampai 900 juta dalam satu tahun saya berharap kepada semua pihak ikut membantu dalam penyelenggaraan pemerintahan Desa Khususnya Kabupaten Ciamis, pungkasnya. >>Hr

Related posts