Inovasi Desa Nanggungan Kayen Kediri Bantu Turunkan Angka Stunting 

Kediri, (MR) – KUNCI untuk mencapai desa bebas kurangnya tinggi badan anak seusianya (Stunting) tentunya dengan mencegah kelahiran bayi stunting baru,salah satu upayanya dengan jarak kelahiran yang harus dijaga dan kesuksesan menyusui. Sebagian besar masyarakat penyebab utama adanya Stunting,karena kurang nutrisi hingga Pola Pengasuhan. Untuk itu Pemerintah desa(Pemdes) Nanggungan Kecamatan Kayen Kabupaten Kediri mengajak untuk tidak menghadirkan stunting baru.

“Dengan melalui Pos Pelayanan Terpadu(Posyandu) kami memperhatikan diantara jarak melahirkan, harus betul-betul diatur, dan dalam menyusui anak harus sukses. Perlu diketahui bahwa jarak kehamilan (spacing) itu sangat berkorelasi dengan stunting. Pemaparan ini merupakan praktik baik desa Nanggungan agar bebas stunting maksimal dalam upaya mencegah dan menurunkan angka stunting,”Terang Katmiran (Kades).

“Oleh karena itu gerakan inovasi yang dilakukan desa Kami adalah program Bersembang(beramah tamah)mengenai sehat, yang meliputi kegiatan kunjungan petugas posyandu ke rumah dan meningkatkan Pemberian Makan Tambahan(PMT) saat ada posyandu. Dimana terdiri dari nasi yang dilengkapi protein dan sayur,kacang hijau dan buah-buahan. Selama 3 bulan setelah data turun kita memberi tambahan susu sejunlah 4 kotak per bulan.”

Kades menambahkan,”Gerakan ini juga memantau kepada keluarga berisiko stunting dan tidak berisiko stunting,inovasi tersebut jelas akan menyemangati dalam perbaikan ekonomi dan lingkungan,serta diharapkan untuk bergotong royong dalam menangani yang berisiko stunting. Praktek yang dilakukan adalah update data cegah balita stunting,pemberian makanan bergizi berimbang pada balita stunting,”tutupnya.

Selanjutnya dalam kegiatan stimulasi deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang anak ada pelaksanaan imunisasi dan kelas inspirasi yang melibatkan berbagai pihak. Selain itu ada kegiatan memasak yaitu gerakan anti stunting untuk pemenuhan gizi ibu hamil dan lumbung pangan masyarakat.dengan begitu angka stunting di desa Nanggungan akhirnya saat ini terus menurun hingga 7,5% berdasarkan pencatatan masyarakat Posyandu yang dari data bulan timbang sebelumnya yang mencapai 9%. (Ag)

Loading

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.