Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Kediri Menggelar Operasi Pasar

Kediri, (MR)
Menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah tahun 2018, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Kediri melaksanakan Operasi pasar. Ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahun pada saat bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Sebelum bergerak Petugas Disperindag terus mengamati perjalanan lonjakan-lonjakan harga yang ada di Kota Kediri.
Ketika harga sudah sampai diatas standar Disperindag mengambil langkah cepat antisipasi. Tujuannya untuk menekan kenaikan sembilan bahan pokok (sembako), tentu agar bisa memberi kenyamanan pada Masyarakat Kota Kediri khususnya, apa lagi ketika saat menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri nanti.
Kegiatan ini dijadwalkan hingga 16 hari kedepan diseluruh penjuru Kota Kediri, dimulai tanggal 15 Mei hingga tanggal 7 Juni mendekati Idul Fitri. Kegiatan ini diberi nama “Gelar Operasi Pasar Murni,” penekanan pada sembilan bahan pokok (sembako) antara lain beras, gula, minyak, telor, sayur, daging, elpiji, susu, garam.
Disperindag Kota Kediri yang dipimpin oleh Yetty Sisworini SE, MM ketika dalam operasi tentunya sudah mempunyai patokan harga standar yang ditentukan yang boleh dijual oleh para pedagang-pedagang. Seperti contoh harga beras yang kemasan 5 kg dipatok Rp 46 ribu, gula Rp 9500 per kl., untuk minyak goreng per 900 ml harga Rp 9000, selanjutnya telor Rp 21000 per kilo. Penyebab dari kenaikan itu sendiri disebabkan mungkin karena banyak barang-barang rusak, dan banyak gagal panen.
Kemudian jadwalnya Mei 2018 di 3 Kecamatan, dimulai tanggal 15 bergerak ke Banjarmlati, Ngronggo, Blabak/tanggal 16 Lirboyo, Manisrenggo, Bawang/tgl. 17 Bandar Kidul, Rejomulyo, Betet/tanggal 18 Bandar Lor, Kaliombo, Banaran/tanggalc21 Campurejo, Kampung Dalem, Bangsal/tanggal 22 Pojok, Banjaran, Tempurejo/tanggal 23 Sukorame, Setono pande, Ngletih/tgl. 24 Bujel, Pakelan, Pakubden/tgl. 25 Mojoroto, Jagalan, Pesantren/tgl. 28 Ngampel, Setono Gedong, Ketami/tgl. 30 Gayam, Balowerti, Jamsaren/tgl 31 Mrican, Kemasan, Burengan.
Selanjutnya untuk Bulan Juni yaitu tgl. 4 Dermo, Ngadirejo, Tinalan/ tgl. 5 Semampir, Pocanan, Singonegaran/tgl.6 Tamanan, Dandangan, Tosaren/ tgl 7 Taman Sekartaji, dan Kelurahan Ringinanon. Diharapkan masyarakat kota kediri bisa tenang, nyaman, dan kusu’ dalam beribadah, serta kantong masih tetap berisi. >>Ags

Loading

Related posts