Banjir Bandang Batu Merah Menenggelamkan 248 Rumah warga

Bolmong, (MR) – Banjir bandang menerjang Desa Batu Merah, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow, Rabu (22/9/2021) lalu. Sebanyak 20 kepala keluarga masih mengungsi.

Banjir bandang yang menerjang desa berpenghuni 92 kepala keluarga (267 jiwa) menyebabkan lima rumah mengalami rusak ringan, satu rusak sedang, dua rusak berat dan satu hanyut.

Banjir bandang disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur sehinga sungai yang berada tepat di antara pemukiman warga, meluap, menerjang rumah-rumah warga, dan sekolah yang berada disekitar.

Sekolah-sekolah juga mengalami kerusakan seperti TK, SDN, serta SMPN yang berada di desa batu merah Kecamatan Sangtombolang. Saat ini tim dari BPBD Kabupaten Bolaang Mongondow bersama Dinas sosial sudah berada di desa batu merah untuk mendirikan posko bantuan

“Dilaporkan ada dusun I, ada 63 Kepala Keluarga (KK). dusun II, 28 Kepala Keluarga (KK). Dusun III, hanya 1 Kepala Keluarga (KK) total keseluruhan 93 KK,” tambah Yokber Sasundu selaku Kepala desa Batu Merah.

“Pemerintah daerah Bupati Bolmong Dra Yasti Soepredjo Mokoagow telah meninjau langsung ke lokasi bersama Menteri Sosial Dr. Ir. Tri Rismaharini, M.T. serta Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait. Bupati sangat mengharapkan bantuan pihak terkait agar terus berupaya memulihkan kondisi desa termasuk membersihkan material yang terbawa banjir. Tetapi masyarakat secara keseluruhan sudah mulai beraktivitas untuk membenahi dengan bergotong royong. (NeniRadjab)

 1,394 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.