ASDP TINGKATKAN EVALUASI TERHADAP SETIAP KAPAL PENYEBRANGAN

Rachmat Nugroho, HUMAS ASDP TERNATE

Ternate, (MR) – Musibah kebakaran yang melanda KM Karya Indah di perairan Kabupaten Kepulauan Sula turut memantik pihak ASDP Cabang Ternate untuk intens melakukan evaluasi sekaligus menjadi peringatan betapa keselamatan ,keamanan dan kenyamanan menjadi center point dalam aktifitas pelayaran .

Disambangi awak mediarakyat ,com , Humas ASDP Cabang Ternate Rachmat Nugroho menuturkan pihaknya ASDP tetap konsisten terhadap aturan dan prosedur serta pengawasan dari dua instansi berwewenang yakni BPTD dan KSOP . ” Intinya kita tetap ada kordinasi ,komunikasi yang secara kontinuitas tetap berjalan dengan ASDP dan KSOP . Semua moda transpotasi angkutan laut yang berada dalam kewenangan ASDP disyaratkan harus memenuhi aspek kelaiklautan atau SOP dan itu tetap kita patuhi , ini untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan pada saat kapal melakukan aktifitas pelayaran ” ungkap Racmat .

Ia juga turut menyesalkan ketidakpatuhan masyrakat calon penumpang termasuk pengendara roda dua dan empat saat berada di area pelabuhan ,dermaga maupun diatas kapal yang bermaksud melakukan pelayaran melalui pelabuhan penyebrangan ASDP Ternate . ” kita harapkan aturan yang dibuat itu tidak sekedar isapan jempol . Ini demi juga untuk keselamatan , keamanan dan kenyamanan bersama . Contoh kasus setiap calon penumpang juga pengendara roda dua dan empat yang masuk dermaga atau naik ke kapal itu wajib hukumnya memiliki tiket tapi lagi lagi masih ada yang enggan mematuhi . Kasus lain misalnya parkir kendaraan roda dua dan empat yang tidak sesuai peruntukannya padahal trayek parkirnya itu sudah diatur dan yang lebih penting lagi saat berada di hardeck kapal penumpang dilarang untuk merokok atau duduk diatas pagar pembatas . Ini terlihat masih terjadi yang intinya membahayakan keselamatan penumpang tersebur juga keselamatan kapal saat berlayar ” tegas Rachmat. (KOKO ATENG MRC)

 84,265 kali dilihat,  11 kali dilihat hari ini

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.