Sunday, 18/11/2018 | 12:01 UTC+7
Media Rakyat

Anambas Ikuti Parade Tari Tingkat Provinsi

Anambas,(MR)
TIM parade tari Kabupaten Kepulauan Anambas menampilkan 2 tarian kreasi melayu pada acara parade tari tingkat Provinsi Kepri, Sabtu (05/05) Silam. Acara tahunan yang dihelat di Hotel Goodway Kota Batam ini merupakan event tahunan yang diikuti oleh seluruh Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Kepri.
Menyuguhkan 2 buah tarian dari 2 sanggar berbeda, KKA datang dengan sangat percaya diri. “Perwakilan Anambas ada 2, pertama dari sanggar seni siantan, yang kedua dari Binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan,” papar Maria Stephany, salah satu peserta tari dari Anambas.
Keterangan yang dihimpun wartawan diketahui bahwa KKA membawakan 2 buah tarian. Pertama dibawakan oleh Sanggar Seni Siantan (SSS) dan diberikan judul tari “Beso Bual,” Tarian yang cukup unik ini menceritakan seorang pribadi yang terlalu banyak bicara untuk menyombongkan kemampuannya. Kendati kemampuannya pas-pasan, pribadi tersebut tetap saja membual bahwa dirinya adalah seorang yang lebih hebat dari pada orang lain.
Kedua dibawakan oleh sanggar binaan Disparbud KKA, Tarian itu diberikan nama “Tempong,” Tempong adalah sebuah makanan yang terbuat dari gula aren. Manis dan lezat rasanya. Tarian ini menceritakan kegiatan masyarakat KKA yang sedang membuat Tempong. Kisah dalam tarian ini menceritakan aktifitas membuat Tempong mulai dari menyadur Aren sampai proses pengolahan Aren menjadi Tempong.
Kendati tidak meraih gelar apapun dalam parade tari tingkat Provinsi kali ini, Team dari KKA tidak merasa kecewa. Menurut mereka pengalaman sudah merupakan hadiah yang berharga buat mereka. “Tidak menang tidak apa-apa. Yang penting kita sudah menyuguhkan yang terbaik. Kita suguhkan kemampuan terbaik Anambas, dan hasilnya kembali kepada Allah. Yang pasti pengalaman sudah merupakan hadiah yang berharga,” papar Laras, salah satu peserta parade tari dari KKA.
Sementara itu Sanggar Seni Bintan Telani Kota Tanjung Pinang meraih juara pertama dalam parade tari ini, menyingkirkan 6 Kabupaten Kota lain yang menjadi saingannya. Juara kedua dipegang oleh Pusat Latihan Seni Rampai Mahkota dari Batam serta juara ketiga oleh Kab.Lingga.
Dengan demikian sanggar seni Bintan Telani akan mewakili Provinis Kepri untuk mengikuti Parade Tari Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah Juli Mendatang.
Dalam Kesempatan itu Gubernur Kepri, H.M.Sani yang saat itu terlihat menikmati parade Tari tersebut dari awal sampai akhir berharap peme-nang dapat menunjukan performa yang terbaik dalam kancah Nasional. Ia berkata bahwa Kepri bertekat untuk dapat meningkatkan prestasi mereka dari tahun sebelumnya yakni menduduki peringkat kedua dalam lingkup nasional. “Saya berharap pemenang dapat melaksanakan dengan baik parade tari Nasional pada Bulan Juli mendatang. Persiapan dengan baik kemampuan nya. Tingkatkan prestasi supaya lebih baik dari tahun tahun sebelumnya,” Pesan Sani. >> Eichiro/ Edo

About

pembawa suara pembangunan bangsa

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.