Tips Bertahan H. Bustaman Usaha Kuliner Sederhana di Tengah Pandemi Covid-19

Tangerang Selatan, (MR) – Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar terhadap berbagai sektor, terutama di bidang usaha kuliner ,Tak sedikit yang harus menutup kedai atau restoran mereka seiring dengan aturan pemerintah yang meng haruskan masyarakat untuk beraktivitas di rumah WFH (Wrok From home).

Namun, ternyata hal tersebut tak selamanya menimbulkan kerugian. Menurut Co Sederhana H Bustamam, selalu ada pe luang untuk para pebisnis meningkatkan penjualan mereka di masa pandemi ini.

Dengan catatan, mereka siap untuk berubah sesuai kondisi dan terus mencari ide atau solusi terhadap bisnis mereka, agar tidak berhenti begitu saja dan menimbulkan kerugian yang besar.

“Sebenarnya belum tentu masa krisis ini memberi dampak negatif untuk semua bisnis. Unit bisnis online, reseller misalnya, justru ada kenaikan. Tapi unit bisnis yang aktifitas nya banyak di rumah ( WFH ) kami membuat terobosan jemput bola yaitu Delevery order,” jelasnya.

“Agar bisnis kuliner tak ‘mati’ begitu saja, inisiatif H Bustamam dengan adanya PSBB yang di terapkan oleh pemerintah kami tetap eksis untuk setiap harinya dengan kapasitas bungkus atau cetring yang tidak mengurangi omset dari penjualan , Bustamam mengatakan para pengu saha haruslah siap untuk beradaptasi dengan kondisi yang disebut “new normal” ini,” pungkas H. Bustaman.

Misalnya dengan membuat produk menu makanan (siap saji ) yang memenuhi kebutuhan online,( pesanan ) untuk pesenan kebutuhan orang yang saat ini lebih sering berada di rumah hingga kebutuhan yang kian meningkat,jadi sebenarnya opportunity itu ada Kalau yang (terkena dampak) negatif, saya melihatnya itu lebih kaya ke persiapannya untuk meng hadapi covid ini, jadi untuk di siplin kebersihan selalu memakai masker sering mencuci tangan tetap menjaga kesehatan dan kebersihan ,Untuk lebih siap menghadapi peru bahan yang terjadi di tengah pandemi ini, Bustamam pun memberi tips bagi para pengusaha kuliner agar bisa bertahan. Berikut penjelasannya.

1. Menjaga stabilitas internal di masa pandemi

Buatlah internal campaign yang bisa bermanfaat bagi seluruh tim. “Ini macam-macam, ada yang hanya sekedar motivasi, misalnya setiap jam 8 kita temu muka lewat Zoom, karena itu akan membawa dampak yang signifikan. Kan ada orang-orang yang tetap butuh support “Energinya pasti akan sampai ya kalau misalnya kita tetap ada ke bersamaan ” jelasnya.

Pendiri dan pemilik rumah makan Sederhana (SA) H Bustamam mengatakan , Perusahaan ibarat sebuah kapal besar yang sedang berlayar di lautan luas yang di hempas oleh badai dan gelombang besar untuk memastikan agar kapal dapat terus berlayar dan sampai tempat tujuan di butuhkan nahkoda yang tangguh ,handal dan tenang sehingga dapat dan berfikir lebih kreatif untuk mengambil keputusan dan membuat strategi yang tepat.

Restoran masakan Padang Sederhana SA ini terkenal di kalangan pecinta kuliner ,didirikan sejak tahun 1972 oleh H Bustaman ,kini tersebar di beberapa kota Indonesia bahkan ke manca negara. (Gunawan)

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.