PPL Imam Syamsudin: Sukseskan Program Swasembada Beras 2015

BalaiIndramayu, (MR)
BALAI Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang Bandung, bekerja sama dengan Balai Pelatihan Penyuluhan Pertanian Kecamatan (BP3K) Haurgeulis, mengadakan Program Pendidikan dan Latihan (Diklat) Teknis Agribisnis Padi, bagi 30 petani dari 10 desa se Kecamatan Haurgeulis, berlangsung sela 5 hari dari Hari Senin (23/3), Selasa (24/3), Rabu (25/3), Kamis (26/3) dan Jum’at (27/3), yang dananya bersumber dari APBN Tahun Anggaran (TA) 2015, di Aula Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Haurgeulis Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat.

Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dari Kantor BPP Kecamatan Anjatan, Imam Syamsudin, dalam kesempatan itu pihaknya mencoba mendemonstrasikan / mempraktikan sejumlah Alat Produksi Pertanian (APP) dan Sarana Produksi Pertanian (Saprotan) dihadapan 30 orang petani yang menjadi peserta Program Diklat Teknis Agribisnis Padi. Kami berharapkan kegiatan Diklat ini bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para petani di Haurgeulis, sehingga mereka mempunyai keterampilan, kecakapan dan kemahiran dalam meningkatkan hasil produksi pertaniannya, katanya.

PPL Imam Syamsudin menegaskan, Program Diklat Agribisnis Padi ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan masyarakat tani dalam memanfaatkan APP dan Saprotan, maka pengelolaan lahan tanah sawah pertaniannya, baik itu pembajakan sawah, mencari bibit unggul, persemaian benih, penanaman, pengairan, pemeliharaan, pembasmian hama / penyakit dan perawatan padi hasil produksinya, sesuai dengan Program Panca Usaha Tani, sehingga para Petani Haurgeulis hasil panen padinya dapat ditingkatkan untuk mensukseskan Program Suasembada Beras / Pangan 2015, terangnya.

Tampak Hadir selaku Nara Sumber dan Instruktur pada Program Diklat Teknis Agribisnis Padi selain dari BBPP Lembang Bandung dan BP3K Haurgeulis, juga hadir rekan-rekan PPL dan Koordinator PP BPP dari Kecamatan Haurgeulis, Anjatan, Sukra dan patrol. Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu, berlangsung sukses tanpa ekses walaupun segala fasilitasnya cukup sederha tetapi terlihat meriah, para petani bersemangat mengikuti acara Program Diklat dari awal hingga hari terakhir pada Jum’at siang. >>Mukromin/Abdullah

Related posts