Lima Tahun SDN III Selembaran Jadi Langganan Banjir

FWJ Indonesia DPW Banten Desak Pemerintah Evaluasi Sekolah Negeri Yang Rawan Banjir

 

Kabupaten Tangerang, (MR) – Sejumlah Sekolah Dasar Negeri (SDN) di wilayah Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang menjadi langganan banjir, pada saat hujan turun dengan intensitas tinggi.Hal tersebut di alami oleh sekolah SDN lll yang terletak persis dibelakang kantor Pemerintahan Kecamatan Kosambi, yakni SDN Salembaran III dan SDN Pemukiman.

Dari pantauan awak media di lokasi lingkungan SDN Salembaran III, kelurahan Salembaran Jaya terlihat air menggenang mulai dari jalan arah masuk sekolah serta halaman sekolah hingga sampai masuk ke dalam ruang kelas. Setidaknya ada enam ruang kelas serta ruang kantor yang terendam banjir.

“Ada enam ruang kelas dan satu kantor yang terkena imbas genangan air setiap hujan turun,” ujar Kepala Sekolah SDN Salembaran III, Romli Sahib Kepada wartawan, Kamis (17/11/2022).

Akibat banjir, aktivitas di sekolah pun menjadi terganggu. Para siswa dialihkan bahu membahu untuk kerja bakti. Membersihkan genangan air dengan menggunakan alat seadanya seperti sapu dan serokan.

“Karena banjir, pembelajaran siswa menjadi terganggu. Pembelajaran dimulai sampai ruangan kelas sudah bersih dan genangan sudah surut,” lanjutnya.

Yang memprihatinkan, banjir di sekolah itu sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Sekolah selalu menjadi langganan banjir setiap musim hujan. Bahkan dalam sekali musim hujan, sekolah itu bisa berulang kali kebanjiran.

“Setidaknya sudah 5 tahun lebih, sekolah ini selalu jadi langganan banjir. Makanya, para guru dan pihak kelurahan berharap ada tindakan dari Pemkab Tangerang untuk mengatasi keadaan ini,” ujarnya.

Romli berharap kepada pemerintah atau dinas pendidikan untuk segera meninggikan halaman lapangan sekolah, dengan cara diurug, kemudian di betonisasi agar permukaan dihalaman sekolah menjadi lebih tinggi dari permukaan air.

“Setidaknya pemerintah bisa memberikan bantuan untuk dapat meninggikan permukaan halaman sekolah. Atau sekadar menambahkan titik drainase pembuangan air, agar cepat surut ketika ada genangan,” pungkasnya.

Ditempat yang sama Ketua Dpw Fwj Indonesia Propinsi Banten Robby mendesak dinas pendidikan Kabupaten Tangerang untuk mengkaji setiap sekolah sekolah yang rawan banjir sehingga tidak menganggu pelajaran para siswa dan mengevalusi setiap sekolah negeri yang rawan banjir.jangan sampai generasi bangsa jadi korban akibat banjir,”Tegasnya.

Karna kita ketahui saat ini wilayah kabupaten Tangerang rawan banjir akibat pesat nya pembangunan dan tata ruang serapan air yang belum maksimal,”Ujar Robby

(Sihar S)

 697 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.