Lapter Seray Lampung Barat Siap Diuji Coba

Lampung Barat (MR)

Lapangan terbang yang terletak di Pekon (Desa) Seray, Kecamatan Pesisir Tengah, Lampung Barat akan diujicoba-kan pada tanggal 28 September bertepatan dengan perayaan HUT ke-20 kabupaten tersebut.

“Persiapan uji coba lapa-ngan terbang terus dipersiap-kan, mulai dari sarana dan pra-sarana, sebab pengujicobaan lapangan terbang tersebut akan dihadiri pejabat dari dalam dan luar daerah,” kata Bupati  Lam-pung Barat Mukhlis Basri, di Liwa, Kamis (22-9).

Dia menjelaskan, uji coba lapangan terbang tersebut men-jadi kado istimewa bagi Lam-pung Barat.

Menurut dia, Lapangan Ter-bang Seray yang difungsikan membantu Lampung Barat dalam mempromosikan potensi wisata.

“Lapangan terbang yang dibangun tersebut jelas mem-bantu Lampung Barat dalam mempromosikan wilayah, selain itu fungsi terbesar lapangan terbang tersebut untuk mitigasi bencana alam tsunami,” kata Bupati lagi.

Masih kata dia, laju pemba-ngunan di Lampung Barat akan berkembang pesat bila lapa-ngan terbang tersebut benar-benar beroperasi.

Kemudian lanjut Mukhlis, pemerintah daerah tengah menunggu izin uji coba dari pemerintah pusat. “Optimis hari yang telah ditetapkan untuk uji coba lapangan terbang tidak meleset, pasalnya tim dari peme-rintah daerah telah menemui pemerintah pusat dalam men-dapatkan izin terbang, dan sejauh ini pemkab mendapat sinyal baik untuk pengujicoban lapangan terbang tersebut,” katanya.

Pembangunan Lapangan Terbang Seray bersumber dari dana APBD dan APBN, pemba-ngunan lapangan terbang tersebut dimulai sejak tahun 2004 dan tahun ini mulai diuji-cobakan.

Luas lahan Bandara Seray mencapai 50 hektare, yang diawali dengan pembebasan lahan bersumber dari dana APBD Lampung Barat, yang kemudian dilanjutkan dengan pembuatan studi kelayakan pada tahun 2004 dan pemba-ngunan lapangan terbang ter-sebut telah menghabiskan dana Rp150 miliar lebih.

Pembuatan Bandara Seray, bertujuan untuk prasarana miti-gasi bencana, mengingat Lam-pung Barat rentan akan bencana gempa bumi dan tsunami.

Sementara itu Staf Khusus Bupati Lampung Barat Bidang Humas dan Hubungan Antar-lembaga, Oking Ganda Miharja mengatakan, pemerintah daerah telah bertemu langsung dengan Dirjen Perhubungan untuk meminta izin terbang.

“Pihak pemerintah daerah telah melakukan dialog khusus terkait uji coba Lapter tersebut, pembicaraan itu melibatkan langsung pengusaha penerba-ngan Susy Air yang akan men-jadi mitra Lapter tersebut, dan hasilnya pemerintah akan mem-berikan lampu hijau untuk mengujicobakan Lapter Seray,” kata dia.

Dia menguraikan, optimistis sebelum tanggal 28 September izin terbang yang dikeluarkan pemerintah pusat telah diterima. Masih kata Oking, pemerintah daerah terus mempersiapkan keperluan guna pelaksanaan uji coba lapangan terbang terse-but. “Saya berharap waktu yang telah ditentukan itu tidak mele-set, sehingga harapan masyara-kat agar Lapter Seray berfungsi benar-benar terwujud,” katanya (AY)

 61 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Related posts