Sunday, 18/11/2018 | 12:22 UTC+7
Media Rakyat

Kemendiknas dan TNI Selenggarakan Pendidikan di Perbatasan

Jakarta (MR)

Kementerian Pendidikan Nasional bersama TNI menjalin kerja sama perluasan layanan pendidikan di perbatasan, pulau terdepan/terluar, daerah terpen-cil, tertinggal, konflik, pasca konflik dan daerah bencana.

Nota kesepahaman (MoU) itu ditandatangani Mendiknas Mohammad Nuh dengan Panglima TNI Laksamana TNU Agus Suhartono, Rabu (7/9) di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, demikian siaran dalam pers di Jakarta, Kamis.

Mendiknas mengatakan bahwa kerja sama dengan TNI ini memiliki nilai strategis. Menurut dia, tidak ada sejeng-kal wilayah pun di Indonesia tanpa ada TNI.

Sementara itu, lanjutnya, dari sisi manusianya, seluruh manusia Indonesia harus mend-apatkan layanan pendidikan. “Kita bersepakat untuk mema-dukan dan mengoptimalkan mulai perluasan akses pendidi-kan anak usia dini sampai dengan kebahasaan,” katanya.

Mendiknas juga menyam-paikan, dengan MoU ini ia berharap TNI bisa dilibatkan untuk proses pembangunan atau rehabilitasi gedung sekolah yang rusak.

Sementara Panglima TNI mengatakan, keberhasilan pendidikan nasional menjadi salah satu bagian yang sangat strategis dan secara langsung berpengaruh terhadap terwu-judnya ketahanan nasional yang kuat dan tangguh.

Hal ini, kata dia, mengingat pendidikan juga mempunyai arti signifikan dalam mencetak sumber daya manusia yang patriotis dan nasionalis. “Saya menyambut gembira adanya kesepakatan antara Kemdiknas dengan TNI, yang bersinergi dengan kegiatan optimalisasi peran TNI.” katanya. (Yanto)

About

pembawa suara pembangunan bangsa

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.