Dinas Koperasi Targetkan Dua Bangunan Gedung Selesai Desember Tahun Ini

gedungKab. Malang, (MR)
Dua bangunan gedung milik Dinas Koperasi Kabupaten Malang di target akhir tahun 2016 selesai. Keduanya adalah bangunan gedung di kawasan block office jalan Trunojoyo dan bangunan pasar Sumber Roto kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Hal itu di sampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang Sukowiyono SH Msi kepada Media Rakyat Rabu (23/11).

Menurut pria ramah ini, Dinas Koperasi Kabupaten Malang tahun 2016 memiliki dua proyek pembangunan yakni pembangunan gedung PLUT dan pembangunan pasar desa Sumberoto kecamatan Donomulyo .

“Proyek pembangunan gedung yang akan di gunakan untuk UPLT ini menggunakan anggaran APBN 2016 sebesar Rp 2,464.667 00 miliar sedangkan pasar Sumberoto menggunakan dana APBD 2016 sebesar Rp 900 juta,”ungkap Suko di sela-sela mendampingi kunjungan ketua tim penggerak PKK Kabupaten Malang Ny Jajuk Rendra Kresna meninjau pembangunan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT)

Di tambahkan saat ini pembangunan gedung yang berdiri di atas tanah seluas 3500 meter persegi yang berada di belakang bangunan gedung baru Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil(DISPENDUKCAPIL ) Kabupaten Malang sudah mencapai sekitar 85 persen dan di kerjakan oleh CV Frimas.

“Tinggal finishing dan pembuatan sekat dan pengecatan dan penataan desain taman, targetnya bulan desember sudah selesai,”tambah Suko.

Nantinya tambah Suko gedung PLUT ini akan jadikan sentral promosi dan penjualan hasil produk UMKM binaan Dinas Koperasi meliputi kerajinan dan produk olahan makanan. Kita bina para pelaku UMKM dan setelah mampu maka kami arahkan mereka untuk dapat mandiri dalam mengembangkan usahanya,”tukas pria tambun ini.
Suko berharap dengan selesainya pembangunan gedung PLUT dan dapat beroperasi nantinya ,produk UMKM yang selama ini terkendala pemasarannnya dapat terakomodir melalui kemitraan dengan Dinas Koperasi Kabupaten Malang.

Hal senada di utarakan ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Malang Hj Jajuk Rendra Kresna saat meninjau pembangunan gedung PLUT Rabu ( 23/11).
Menurut Jajuk produk UMKM saat ini berkembang cukup baik di kabupaten Malang dan sangat mendukung program kemitraan yang dijalin antara pelaku UKM dengan Dinas Koperasi.

“Kami dari PKK Kabupaten Malang sangat mendukung program kemitraan yang sudah terjalin selama ini antara pelaku UKM dengan Dinas Koperasi ini,sehingga para pelaku UKM lebih bergairah dalam mengembangkan usahanya,”ungkap istri bupati Malang Rendra Kresna ini.

Meski sempat menyayangkan lokasi gedung yang terhalang gedung Dispendukcapil,ibu kandung ketua DPD KNPI kabupaten Malang Dewanata Prosakh ini tetap optimis bahwa keberadaan gedung PLUT tersebut dapat mengakomodir aktivitas kegiatan UMKM di kabupaten Malang.

“Dengan kebijakan pemerintah Kabupaten Malang khususnya Dinas Koperasi melalui strategi dan pembinaan berkelanjutan kepada pelaku UKM kami yakin perkembangan UKM di kabupaten Malang akan lebih bergairah karena tersedianya fasilitas promosi seperti keberadaan gedung PLUT ini,”pungkas Jajuk. >>Giz

Loading

Related posts