mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

STIKES Graha Medika Kotamobagu Mengadakan Seminar Nasional Kesehatan

Published on Dec 23 2016 // Berita Utama

Kotamobagu, (MR)
Pentingnya ilmu kesehatan membuat 500 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Graha Medika Kotamobagu mengikuti Seminar Nasional yang diadakan pada. Sabtu, (17/16) di Gedung Cempaka Putih Kota Kotamobagu.

DR. Muhammad Hadi, SKM,Mkep lahir di Lamongan pada 1 Mei 1971. Adalah seorang Dekan di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhamadiyah Jakarta, ia pun sebagai Ketua Umum Asosiasi Instituasi Pendidikan Ners Indonesia.

Dalam memberikan Seminar Dr. Muhammad, SKM, Mkep mengatakan “Clinical Pathway adalah sebagai wujud Koloborasi Interprofesional,” Clinical Pathway merupakan suatu konsep perencanaan pelayanan terpadu yang merangkum setiap langkah yang diberikan kepada pasien berdasarkan standar pelayanan medis dan asuhan keperawatan yang berbasis bukti dengan hasil yang terukur dan dalam jangka waktu tertentu.

Clinical Pathway bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan dengan memperhatikan luaran pasien, keselamatan pasien, peningkatan kepuasan pasien, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya. Dengan mengerjakan hal yang tepat, pada waktu yang tepat, di tempat yang tepat.

Banyak persoalan di lapangan, ketika profesi perawat dilibatkan dalam penyusunan clinical pathway, kebanyakan tidak tahu apa yang harus dimasukan dalam templete clinical pathway. Bukan karena tidak tahu tapi persoalannya pada apa yang didokmentasikan, ungkap Hadi.

Berthina Hermin Korah, S.Pd, M.Kes sebagai Koordinator Asosiasi Institusi Pendidikan kebidanan Sulawesi Utara mengatakan dengan adanya Seminar Nasional Kesehatan mengenai clinical pathway diharapkan seluruh perawat dan mahasiswa STIKES Graha Medika Kotamobagu dapat memberikan pelayanan profesional secara tepat, cepat, aman dan nyaman sesuai kebutuhan pasien, katanya.

Dr. Salmon Helwelderi mengatakan perawat, kebidanan dan tenaga kesehatan di Bolaang Mongondow Raya harus lebih meningkat. Kita sebagai perawat, kebidanan dan tenaga kesehatan yang ada di Indonesia harus lebih siap menghadapi tantangan segala persoalan yang ada di kesehatan saat ini, ia pun berharap dengan adanya kegiatan Seminar Nasional para tenaga kesehatan lebih memahami clinical pathway untuk pelayanan pasien, katanya.
Henny Kaseger, S.kep, M.Kes Ketua Yayasan STIKES Graha Medika Kotamobagu mengatakan dengan adanya Seminar Kesehatan diharapkan dapat menambahkan pengetahuan wawasan bagi seluruh perawat. Kedepan Seminar Kesehatan akan terus dibuat untuk menambah pengetahuan para mahasiswa STIKES juga perawat, kebidanan dan tenaga kesehatan.

Karena mutu pelayanan kesehatan semakin hari makin meningkat, makanya dibuat seminar kesehatan mengenai clinical pathway untuk mengurangi resiko pasien, terang Kaseger. >>Neni/mp

Leave a comment