mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Angkat UMKM Pemkab Malang Gelar Expo Pembangunan

Published on Nov 28 2017 // Berita Utama
Kabupaten Malang, (MR)
Program pengentasan kemiskinan di  Kabupaten Malang terus di pacu pemerintah Kabupaten Malang melalui berbagai cara dan strategi, salah satunya melalui pemberdayaan Usaha Kecil dan Mikro (UKM) yang terus di genjot melalui berbagai program pelatihan, bahkan bantuan pemerintah Kabupaten Malang.
Hasilnya, program yang di gagas bupati Malang DR H Rendra Kresna ini berhasil mencetak pelaku ekonomi kreatif yang tumbuh dan berkembang di seantero Kabupaten Malang. Buktinya, para pelaku UKM ini unjuk kebolehan memamerkan berbagai  hasil kreasi dalam ajang expo pembangunan 2017 di Halaman stadion Kanjuruhan jalan Trunojoyo Kepanjen, Jumat (24/11).
Berbagai macam produk olahan dan kerajinan di pamerkan di ajang yang di promotori Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Pasar Kabupaten Malang ini , mulai olahan hasil pertanian , ikan , dan berbagai bentuk kerajinan khas Kabupaten Malang.
Bupati Malang DR H Rendra Kresna , mengungkapkan banyaknya UKM di Kabupaten Malang ini adalah bukti , bahwa pemerintah Kabupaten Malang serius membina dan memberdayakan pelaku UKM yang ada.
“Ini adalah bukti, keseriusan dan keberhasilan pemerintah Kabupaten Malang yang terus berupaya merealisasikan program pengentasan kemiskinan melalui berbagai strategi jitu salah satunya pemberdayaan UKM di Kabupaten Malang,”ujar Rendra kepada Media Rakyat, Jumat (24/11).
Buktinya, tambah Rendra saat ini banyak bermunculan UKM baru dengan berbagai macam produk andalannya mulai olahan makanan berbasis tumbuhan , ikan dan kerajinan yang memiliki nilai jual dan layak jual. “Hal ini yang terus kita dorong, agar UKM terus berkembang di Kabupaten Malang,” imbuh Rendra.
Ia berpendapat dengan bertumbuhnya UKM dengan berbagai hasil kreasinya ini , mampu menyerap tenaga kerja yang ada, sehingga dengan adanya penghasilan, lambat laun akan mengangkat taraf perekonomian masyarakat. Pria yang juga ketua DPW Nasdem Jawa Timur ini mengatakan dirinya juga terus mendorong Operator Perangkat Daerah (OPD) terkait , untuk semakin intens mengadakan pembinaan, pelatihan, pemberian bantuan alat produksi terhadap pelaku UKM yang ada di Kabupaten Malang.
Ajang Expo Pembangunan Kabupaten Malang 2017 itu sendiri , di gelar selama tiga hari mulai jumat – minggu (24-26) di ikuti seluruh pelaku UKM di kabupaten Malang serta seluruh OPD Kabupaten Malang. Hebatnya ajang Expo pembangunan yang di adakan dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Malang ke 1257 ini juga di ikuti 37 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Ketua panitia acara, Nurcahyo menjelaskan ajang expo pembangunan Kabupaten Malang ini merupakan agenda tahunan yang di adakan pemerintah Kabupaten Malang.
“Expo pembangunan ini adalah agenda tahunan Pemkab Malang , selain untuk menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Malang ke 1257 juga untuk memamerkan berbagai macam produk pelaku UKM di Kabupaten Malang,” ujar Nurcahyo.
Selain di ikuti pelaku UKM di Kabupaten Malang , tambah Nurcahyo, ajang Expo Pembangunan ini juga di ikuti 37 UKM Kota/Kabupaten di Jawa Timur yang ikut ambil bagian di ajang tahunan ini. Ia menilai dengan semakin banyaknya peserta , menunjukkan persaingan sehat para pelaku ekonomi kreatif untuk berlomba memamerkan dan menjual hasil kreasinya masing -masing. >>GIT

Leave a comment