mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Siap UNBK 2018, SMAN 1 Cilimus Targetkan 60 Persen Diterima Di Perguruan Tinggi Negeri

Published on Feb 03 2018 // Pendidikan
Kuningan, (MR)
Persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) serentak pada 9-12 April mendatang mulai dilakukan SMAN 1 Cilimus Kabupaten Kuningan. Bahkan, tahun 2018 ini, SMAN 1 Cilimus siap menggelar Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) untuk yang kedua kalinya. Kepala SMAN 1 Cilimus, Dr. H. Edi Riyadi ketika dikonfirmasi, Selasa (22/01) mengatakan, pihaknya mulai mempersiapkan siswanya menghadapi UN tahun 2018.
Menurutnya, pihak sekolah menargetkan tingkat kelulusan UN tahun ini 100 persen dengan hasil terbaik. Untuk mencapainya memang dibutuhkan kerja keras, dan dukungan dari para orang tua serta pihak terkait lainnya.
Disebutkan, peserta UN tahun 2018 tercatat sebanyak 327 siswa. Mereka akan mengikuti UNBK mandiri di sekolah.
“Tahun ini, kita akan melaksanakan UNBK untuk kedua kali. Sebanyak 127 unit komputer beserta jaringannya sudah disiapkan pihak sekolah. Selain itu juga kita sudah siapkan zenset untuk antisipasi jikalau ada gangguan listrik mendadak, walaupun sebelumnya nanti kita juga akan koordinasi dengan pihak PLN. Peserta UN nantinya akan dibagi menjadi 3 sesion,” ungkapnya.
Selanjutnya, menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018, maka SMAN 1 Cilimus juga melakukan berbagai persiapan lainnya seperti menggelar simulasi ujian mata pelajaran UN, bimbingan belajar, membahas kisi kisi, try out, pemetaan kemampuan siswa menghadapi UN. Bahkan untuk membiasakan diri siswa menghadapi UNBK, di SMAN 1 Cilimus, siswa sudah dibiasakan melaksanakan ulangan harian berbasis android dengan aplikasi esmodo.
“Khusus siswa kelas XII, sejak awal Januari 2018 diwajibkan mengikuti belajar tambahan. Kemudian diharapkan nanti akan lebih banyak siswa tamatan SMAN 1 Cilimus diterima pada perguruan tinggi favorit. Untuk tahun kemarin jumlah siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri sebanyak 40 persen. Diharapkan tahun ini yang diterima di PTN naik sekitar 60 persen. Untuk itu siswa diarahkan tidak hanya mengikuti jalur reguler yang biayanya cukup besar, tapi juga melalui jalur bidik misi,” terangnya. >>Irwan

Leave a comment