mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Sekali Berlayar Dua Pulau Terlampauwi. Indra Perkasa, Seperkasa Namanya.

Published on Feb 03 2018 // Berita Utama
Natuna (MR)- Kembali keperkasaan MV Indra perkasa diuji dilaut Natuna. Kapal cepat milik pemda Natuna itu, harus berlayar, membawa puluhan rombongan dari Ranai menuju, Pulau Subi dan Serasan. Pada hal ombak diperkirakan mencapi 4-5 meter.

Namun Bupati Natuna Hamid Rizal tertantang, dan harus menghadiri acara di dua kecamatan,di tengah Asean itu.
Alunan gelobang jumat ,2 pebruari, tidak membuat ciut nyali para pemimpin Natuna itu.”Yah untung ada kapal cepat milik pemkab  jika memakai verry  lama belum tentu bisa sampai kelokasi kegiatan, ucap Tasrif.
Kurang lebih 4 jam menempuh perjalanan, kapalpun bersandar di Kecamatan Subi. Sejumlah masyarakat dan perangkat Pemerintahan, langsung menyambut sang Bupati.
Selama 2 tahun bertugas. Bupati Natuna Hamid Rizal sudah dua kali melakukan kunjungan kerja, di Pulau perbatasan ditengah Negara Asean itu.
Bupati bersama rombongan langsung menuju, Puskesmas Subi Disana telah berkumpul ratusan masyarakat guna menyaksikan peresmian Puskesmas  yang baru selesai dibangun.Gedung cat Seba putih itupun terlihat megah.
Pusat pelayanan Kesehatan bagi masyarakat pesisir itu, merupakan pelayanan Publik wajib dinikmati semua masyarakat Natuna, dengan cara mudah.
Berdirinya puskesmas Subi dan Serasan, kiranya bisa mempermudah masyarakat, untuk mengecek kesehatannya, ucap Hamid. Dalam pidatonya.
Bangunannya sudah oke, saya minta pelayanan  harus oke juga, terutama bagi masyarakat Subi dan Serasan.
Saya harap semua stak holder di jajaran Pemkab Natuna, mampu bekerja dengan baik, untuk melayani masyarakat di Subi dan Serasan.
Pembangunan seperti ini sangat cocok di daerah terpencil, dan ini sudah sesuai dengan program bapak Jokowi, papar Bupati.Guna membantu masyarakat perbatasan.Jagalah kesehatan,  kurangi makan fasik,(Kerang), perbanyak makan ikan, saran Hamid.
Kepala Dinas Kesehatan dalam sambutannya mengatakan,pengembangan
Puskesmas di daerah perbatasan, merupakan hal terpenting .Puskesmas ini,merupakan  tipe C .Anggran pembangunan, diambil dari dana DAK .Untuk kecamatan Subi 2,5 Milyar dan Serasan Timur 4,5 Milyar .
Pulau Laut 9 Milyar , didapatkan dari dana Kementrian Kesehatan  berkat usaha Bupati , melobi ke pemerintah Pusat.
Dari data   didinas Kesehatan  kabupaten Natuna Rata-Rata  Penyakit tertinggi dikalangan Masyarakat, adalah Hipertensi .Hal Ini bisa Menjadi Bom waktu bagi penduduk Natuna, karena rentan, terkena serangan jantung, dan gagal ginjal.
Dinas Kesehatan selalu  menggiatkan program Germas sesuai Program pemerintah Pusat Agar mengatur Pola hidup sehat.Dengan adanya giat ini,60 persen penyakit Hipertensi telah menurun di natuna.Mudah mudahan masyarakat selalu ingat akan pentingnya kesehatan.Mencegah lebih baik daripada mengobati.
Terpisah Junaidi Kepala UPTD,Puskesmas Subi menjekaskan jika,jumlah tenaga Medis 1 Dokter umum ,Bidan Ada 1 Orang,Perawat 17 Orang,Perawat Gigi 1 Orang,Analis Kesehatan ada 2 Orang ditambah  1 Orang Dari nusantara Sehat .Asisten Apoteker 1 Orang,Kesling Ada 2 Orang.1  Dari Natuna sehat dan 1 Orang dari Dinas Kesehatan. Agar pelayanan bisa maksimal,  Saya berharap  ada penambahan tenaga Medis ,tegas Junaidi
Turut Hadir Dalam Kegiatan Tersebut OPD Pemda Natuna,Camat Subi serta jajaran Muspida kecamatan Subi./Roy.

Leave a comment