mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Gaji dan Tunjangan Kepala Desa di Halmahera Selatan Selama 6 Bulan Belum Terbayar

Published on Feb 03 2018 // Berita Utama
Halsel, (MR)
Untuk diketahui bahwa Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara terdiri dari 30 Kecamatan dan 249 Desa, kemudian Provinsi Maluku Utara terdiri 10 Kabupaten Kota, Kabupaten Halmahera merupakan paling terbesar, namun Kabupaten ini terdiri dari banyak pulau, dipimpin oleh Bupati Bahrain Kasuba, S.Pdi.,M.Pd serta Wakil Bupati Iswan Hasim,ST.
Sebagaimana program pemerintah pusat yang setiap desa hampir mencapai miliaran rupiah ini sumber dananya di APBN dan dana ini untuk desa yang diprioritaskan untuk membangun infrastruktur pada pembangunan di pedesaan. Sementara untuk gaji dan tunjangan pemerintah desa (BPD), sumber dana dari pemerintah daerah yaitu pertahun perdesa sebesar Rp 300 juta rupiah.
“Untuk gaji dan tunjangan kepala desa sekitar 225 juta dari 249 desa yang gaji dan tunjangan kepala desa BPD sejak juni 2017 hingga kini belum juga tercair jumlah keseluruhan sekitar 32 miliar rupiah ini dikemanakan,” kata beberapa orang kepala desa yang tidak mau disebut namanya.
Hal ini wartawan MR temui LSM Peduli Kelautan Perikanan Desa Pesisi Fadel yang mengatakan, “sebenarnya Bupati
Halsel Pak Bahrain dan Wakil Bupati Halsel Bupati Iswan Hasim harus berani bertanggung jawab penuh terkait gaji dan tunjangan seluruh Kades dan BPD. Sebab ini adalah hak penghidupan untuk penghidupan keluarga,” katanya.
Fadel juga mengharapkan kepada Bupati Halsel agar tunjangan dan gaji pemerintah desa itu harus segerah di bayar kalau tidak cuma janji melulu, maka nanti sangat berpengaruh sekali.Aapalagi momentum Pilgub Maluku Utarat 2018 akan datang.
Lanjut Fadel dengan tegas berbicara dalam dialek Bahasa Daerah, “kalau dong tara bayar ngoni p gaji, ngoni tara usah pilih pa dorang jang dong rasa butul, tim MK…MAJU,” tandasnya. >>Mat

Leave a comment