Perangkat e-KTP Tiba Anambas Gesa Pelaksanaan e-KPT

Anambas,(MR)
TAMPAKNYA Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Kepulauan Anambas sudah bisa bernafas lega. Pasalnya setelah penan-tian yang cukup lama akhirnya sebanyak 5 set peralatan perangkat keras dan perangkat lunak yang merupakan piranti utama pelaksanaan e-KTP sudah sampai di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA). Satu set dari 5 perangkat terse-but bahkan sudah sampai di Kecamatan Siantan dan siap di pasang. “sudah ada 5 set perangkat yang datang 1 nya sudah sampai di kecamatan, sementara yang 4 masih di Kantor Pos,” demikian ucap Kadisduk Capil KKA, Agus Basir.
Dengan demikian 3 kewa-jiban yang dijanjikan oleh pemerintah pusat sudah terpenuhi. Kewajiban pertama untuk pemasangan jaringan komunikasi data, kedua pengiriman perangkat keras, dan ketiga pengiriman perangkat lunak. Jaringan komunikasi data sendiri terlah terpasang dimasing-masing kecamatan sekitar maret silam.
Perangkat yang datang kali ini adalah perangkat untuk sidik jari, eyelish mata dan tandatangan. Agus merasa bersukur akrena perangkat utama untuk pelaksanaan e-KTP telah sampai, meskipun belum dipasang. “Perangkat yang sampai ini adalah perangkat utama dari semua piranti yang ada. Sekarang sudah sampai ya Alhamdulilah, paling tidak kita sudah bisa memulai program ini secepatnya,” pungkas Agus Basir saat ditemui di Kantor Bupati Kepulauan Anambas Baru-baru ini.
Saat ini sudah ada 1 set perlengkapan yang didistribusikan, yaitu milik kecamatan Siantan. Menurut info yang diberikan oleh Agus basir dalam beberapa hari mendatang ke 4 set perangkat tersebut akan segera didistribusikan oleh PT Pos ke 4 kecamatan yang ada di KKA yaitu Siantan Timur, Siantan Tengah, Siantan Selatan dan Palmatak. Sementara untuk Jemaja dan Jemaja Timur harus sedikti bersabar, pasalnya perangkat jatah mereka masih berada di tg. Pinang dan akan segera dikirimkan ke KKA.“Karena baru datang lima, Jemaja dan Jemaja Timur mungkin belakngan. Alat buat mereka masih ada di Tg. Pinang. Tinggal menunggu kapal perintis untuk pendistribusian. Segera datang kok,” janji Agus Basir.
Setelah alat ini sampai di seluruh kecamatan di KKA, maka petugas dari Concorcium akan segera mendatangi setiap kecamatan secara serentak untuk memasang perangkat tersebut. “Nanti kalau sudah sampai semua baru dipasang. Tidak kita yang apsng, tapi orang concorcium karena itu ada dalam SOP mereka,”Setelah semua terpasang, maka 30 petugas di daerah KKA akan segera dilatih oleh pihak concorsium. Setelah itu baru pelaksanaan e-KTP bis dilaksanakan.
Agus Basir sendiri belum bisa memastikan kapan pelaksanaan e-KTP akan dimulai. Tapi dirinya berjanji akan segera menggesa semua pihak agar pelaksanaan e-KTP data dilaksanakan secepat mungkin. “Sampai sekrang saya belum bisa kasih kepastian kapan mau mulai. Tapi saya akan desak supaya cepat diselesaikan, sehingga kita bisa segera memulai program ini. Kita tidak bisa kerja kalau alat belum terpasang. Jadi pasang alat, kita dilatih, langsung kerja,” Tegas Agus Basir. >> Eichiro/ Edo

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.